Sabtu, 28 November 2015

Sehat itu Memang Perlu

Sehat jasmani dan rokhani,sehat jiwa dan raga,sehaat lahir dan bathin itu adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya,Tidak bisa dinilai dengan uang.

Saya sudah hampir 2 minggu ini terkena penyakit demam seperti masuk angin,flu dan pilek disertai batuk-batuk ditambah dengan sakit otot semua.Baru hari ini agak mendingan meskipun batuk dan sakit otot nyeri sendi masih terasa walau tidak separah dua minggu yang lalu.

Selama sakit tersebut,tersiksanya minta ampun,makan dan minum tidak enak,tidur pun tidak nyenyak sehingga hidup gundah dan serba salah.Semua aktivitas pekerjaan terganggu bahkan ada yang buntu,pertemuan-pertemuan dengan rekanan dan teman usaha banyak yang gagal karena batuk saya menganggu.Ya,mau berbincang bisnis bagaimana jika batuk-batuk,pilek meler dan otak tidak bisa konsentrasi berpikir dengan baik.

Jika sudah sakit begini,bahkan hanya baru diberi sakit ringan meriang,flu pilek dan demam saja kok,apalagi sakit yang parah dari itu,mungkin kesulitan dan ketidakbahagiaan hidup akan lebih parah terasa.

Baru sakit meriang saja,hampir semua aktivitas hidup jadi terganggu dan banyak yang gagal total.Banyak langkah yang tidak bisa berjalan dengan semestinya seperti ketika badan ini sehat.

Tentu saja secara bisnis dan materi jika kita sakit adalah sebuah kondisi merugi,karena banyak peluang dan jalan usaha jadi terbuang percuma.Jadi benar sekali bahwa sehat itu adalah modal utama jika kita ingin hidup bahagia.

Secara takdir,memang sakit dan sehat itu adalah di luar kuasa makhuk,namun kondisi sakit dan sehat bisa kita usahakan melalui ikhtiar berperilaku dan bergaya hidup sehat.

Menjaga kebersihan lahir bathin,memanaj mengatur waktu antara kapan bekerja,kapan istirahat,kapan harus kontrol cek up kesehatan  dan pandai mengendalikan diri demi kesehatan jiwa raga adalah sebuah ikhtiar untuk bisa hidup sehat.

Badan sehat jiwa raga bisa diusahakan,dan jika sehat jiwa raga hidup bisa ternikmati,bisa dengan maksimal menikmati hidup dengan senang dan bahagia.Dengan sehat jiwa raga lahir bathin,kebahagiaan,kenikmatan,dan kepuasan hidup bisa diperjuangkan.

Selamat menjaga kesehatan jiwa raga lahir bathin Anda semua.Thanks sudah selalu mampir.

2 comments:

Kang, meuni aktif nulisnya. Hebat sdh punya usaha sendiri. Cepet sembuh Kang. ^usi^

Neng Usi,makasih mampirnya,salam buat keluarga di Amrik sana,usum naon di Amerika neng?