Minggu, 27 Oktober 2013

Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Pada umumnya,setelah melakukan perjalanan jauh dan panjang lebih dari 24 jam tubuh kita akan mengalami daya tahan tubuh yang melemah.Terutama apabila displin menjaga kesehatan selama perjalanan itu tidak baik,maka dipastikan setelah kembali ke rumah tubuh pun langsung ambruk atau sakit.

Sakit atau gejala gangguan kesehatan pada umumnya yang diderita setelah melakukan perjalanan jauh adalah menderita deman dan peningkatan suhu tubuh yang tinggi.Panas,demam,batuk-batuk,kelelahan dan pada tingkat paling berbahaya terjadi gangguan pernafasan akut akibat terjadi radang tenggorokan atau saluran pernafasan.

Demam,panas tinggi,meriang,masuk angin dan tubuh lelah bahkan sakit otot pada seluruh persendian setelah bepergian,sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh kita.Daya tahan tubuh menjadi lemah karena perilaku dan gaya hidup sehat yang tidak dijalankan selama perjalanan.

Menderita sakit seperti hal di atas sebenarnya bisa dihindari jika selama perjalanan jauh kita terus disiplin dengan pemenuhan kebutuhan tubuh yang penting seperti berikut:

1.Jangan kosongkan perut selama melakukan perjalanan.Beri asupan makanan dan minuman bergizi serta jangan pernah membiarkan tubuh kurang cairan selama perjalanan.

2.Jangan sampai terjadi kurang tidur.Usahakan memmenuhi standar kebutuhan tidur tidak kurang dari 8 jam walaupun tidur itu harus dilakukan di kursi pesawat,kendaraan atau di kursi Bus dan mobil Anda.

3.Pakailah pakaian yang aman dan sesuaikan dengan cuaca tempat selama perjalanan.Jika tempat kunjungan berhawa dingin,jangan lupa pakai jaket atau mantel anti dingin.Dan jika tempat kunjungannya berhawa panas,maka cukuplah memakai pakaian yang bisa menyerap keringat.

4.Sebaiknya hindari dulu memakai obat antibiotik jika badan baru terasa hanya meriang atau demam ringan.Pakailah obat-obatan alami atau herbal yang aman dahulu.Misalnya untuk mengurangi gejala batuk-batuk bisa Anda gunakan Jahe atau Kencur sebagai pereda gejala batuk dan demam atau radang tenggorokannya.

5.Rileksasilah atau banyak beristirahatlah disela-sela perjalanan Anda.Jangan terus duduk sepanjang perjalanan yang lebih dari 5 jam terus menerus.Berdiri dan jalan-jalan sebentar sekedar meregangkan otot-otot selama di Pesawat Terbang atau di Bus dan kendaraan.

6.Jangan tahan bila ingin BAB atau BAK,segera pergi ke kamar kecil atau WC jika terjadi di pesawat terbang atau Bis Malam.Atau meminta sopir berhenti jika memakai mobil kecil atau mobil pribadi.

7.Jangan sampai kurang makan,kurang minum dan kurang tidur! Inilaha kunci mempertahankan daya tahan tubuh terhadap penyakit dimanapun saat ini sedang berkativitas.

Salaman hangat...

0 comments: