Sabtu, 31 Oktober 2015

Mulai Usaha Perdana: Buka Saja Sekarang Tak Usah Berhitung Terlalu Rumit

Berbagai teori dan pencerahan mengenai mulai buka usaha sudah banyak diketahui orang,lewat berbagai sumber dan nara sumber ahli motivasi usaha maupun praktisi ilmu wirausaha.Dari berbagai pengetahuan itulah setelah dipadu dengan pengalaman saya langsung praktek usaha,ada satu hal yang perlu digarisbawahi,sesuatu itu sangat penting dan terbukti sudah memberi hasil yang bukan angan-angan saja

Dua hal pokok tentang ini,jika masih bingung dan sedang menimbang-nimbang mau buka usaha apa,inilah yang perlu Anda ketahui untuk segera bergerak dan bekerja,beraksi.

1.Jika rencana usaha kita termasuk skala usaha UKM (Usaha Kecil dan Menengah),seperti mau buka usaha dengan modal di bawah 100 juta rupiah dan jenis usahanya tidak langsung besar-besaran sampai milyaran rupiah.Tidak usahlah terlalu banyak perhitungan sebelum membuka usaha.Jika sudah anda tentukan jenis usahanya,jangan tunggu lama-lama segeralah buka saat ini juga...!

Bergerak dan beraksilah segera,buka usaha Anda,nanti proses perhitungan bisa sambil berjalan sesuai apa terjadi situasi dan kondisi usahanya.Setelah bergerak inilah nanti Anda akan otomatis akan banyak hal-hal yang perlu dihitung dan diperhitungkan.

Jika untuk buka usaha UKM terlalu banyak perhtiungan sebelum beraksi dan memulai,maka Anda tidak akan memiliki usaha itu sampai kapanpun,waktu Anda akan tersita oleh hal-hal remeh temeh dan perhitungan menjelimet dan itu merugikan waktu kita.

Untuk usaha sekelas UKM,jangan terlalu banyak perhitungan,segerlah buka saat ini juga.

2.Kecuali,jika rencana usaha Anda langsung bernilai milyaran rupiah dan bergerak di jenis usaha besar,memerlukan berbagai faktor ekonomi yang banyak,besar dan memerlukan suprastruktur dan infrastruktur yang luas dan besar,baru sebuah cetak biru rencana usaha harus Anda perhitungkan dengan seksama dan bila perlu sampai perhitungan detailnya.

Misalnya Anda akan membuka pabrik bijih besi mengolah jadi besi,membuka pbarik tekstil,membuka pabrik barang-barang keperluan lainnya yang membutuhkan dan menggunakan sumber daya yang tidak sedikit.Untuk buka usaha sekelas ini tentu saja harus mempunyai rencana usaha yang sangat matang.

Tetapi jika untuk usaha kecil dan menengah saja,tak usah ragu segeralah bergerak dan buka sekarang.Nanti segala hal yang perlu dihitung akan muncul dengan sendirinya seiring dengan proses pertumbuhan perusahaan yang kita buka.

Tentu,bukan bergerak dalam arti gerak yang konyol,pertimbangan-pertimbangan dasar dan pokok tentang prinsip ekonomi dan tindakan ekonomi harus dipakai dalam prosesnya.Namun tidak usahlah menunggu sampai dengan semua detail dan komponen rencana usaha sampai sempurna dan terlalu menunggu saat yang paling tepat.

Cukup perhitungan resiko yang pokok dulu diperhitungkan,lalu bergerak dan buka usaha nyata dengan kita ikut ambil bagian di dalamnya jangan percaya dulu pihak lain.Nanti setelah berjalan baru "berhitung' segalanya.

Selamat membuka usaha,semoga sukses jadi pedagang dan pengusaha yang baik dan berhasil.

0 comments: