Senin, 26 Oktober 2015

Jika Bisnis Lagi Rumit dan Ruwet,Segera Istirahatlah !

Kehidupan yang berjalan tentu akan bertemu pada fase-fase enak dan tidak enak,lancar dan tidak lancar,siang dan malam,dua hal yang berlawanan kondisi dan situasinya.Itulah pertanda bahwa kita masih hidup dengan normal.

Dan apapun yang terjadi,tapi kehidupan harus tetap jalan.Tidak ada manfaat bagi kita untuk selalu merutuki atau menyesali yang sudah terjadi,entah itu kondisi buruk bahkan hal terburuk pun yang sudah menimpa diri kita.

Terlebih lagi jika menimpa kepada Anda yang sedang merintis atau menjalankan usaha,berbagai skala usaha dari kelas usaha super kecil sampai usaha kelas kakap bapaknya kakap (baca-besar).Pasti suatu saat fase-fase sulit dan ribet bahkan berbahaya akan singgah di kondisi hidup kita.

Jika saat ini hal itu sedang menimpa diri,satu hal selain mencari solusi dan berbagai cara jalan keluar dari kesulitan yang sering dilupakan orang adalah : Istirahat total dengan benar.

Istirahat,artinya berhenti dahulu dari segala aktivitas gerak fisik dan psikis,berhenti dulu memikirkan bisnis Anda barang sebentar,atau menunda memikirkannnya untuk jelang waktu tertentu,dan memberi ruang kepada situasi dan stamina untuk kembali menguat dan segar kembali.

Saran saya,jangan mengambil paket liburan ke luar kota atau ke tempat tertentu yang terlalu jauh dari rumah,sebab akan menimbulkan kecapean perjalanan dan menguras tenaga serta menambah waktu.Istirahatlah di tempat tidur dan di rumah Anda sendiri.

Pulihkan kondisi badan dan pikiran dari rumah sendiri.Caranya yaitu tadi,tunda pikiran memikirkan masalah bisnis,programkan untuk pemulihan barang satu atau dua hari saja sesuai berat dan ringannya masalah Anda.

Mulai dengan tidur cepat di malam hari,kira-kira jam 8 malam segera pergi tidur,jauhkan gadget dan kontak telepon,beritahu semua anggta keluarga bahwa Anda sedang tidak mau diganggu malam ini.Delegasikan urusan keluarga kepada istri atau anak tertua Anda,masuklah ke  kamar dan berbaring usahakan bisa tidur pulas sesegera mungkin.

Lalu,bangunlah segera antara jam 4 atau 5 pagi.Berolahraga ringan dan sarapan segera,kemudian bersatailah di taman atau di sekitar kompleks perumahan.Setelah jam 8 atau 9 siang santailah di ruang keluarga atau di dapur,tak usah berpkir berat,jalan-jalan di sekitra rumah atau nonton video lucu dan humor terpilih bisa juga Anda lakukan.

Selepas jam 12 siang,usahakan anda tidur siang.Tidur siang ini wajib,pancinglah dengan membaca atau meminta obat tidur ke dokter Anda,sampai menjelang waktu asyar jam 4 atau 5 sore Anda baru mengambil Mandi dengan air hangat.

Jika masalah terlalu berat,boleh dilakukan berulang pada malam berikutnya anda segera tidur cepat kembali.Segerlah tidur pada jam 20 atau jam 8 malam dan lakukan kegiatan ringan sepanjang hari seperti hari pertama tadi.

Maksud dari cara di atas adalah untuk memulihkan kembali stamina fisik dan pikiran Anda.Karena jika masalah sudah meluber dan nyaris tidak tertangani lagi,pada umumnya stamina kita akan menurun drastis lalu tidak sedikit yang berujung jatuh sakit.

Kalau sudah begitu,artinya mau mencari solusi dan memukul masalah dengan apa,wong badanya juga sakit.Maka bertambahlah masalah itu dengan jatuh sakit dan harus opname di rumah sakit.Tentu hal ini tidak kita harapkan.

Untuk itu,jika sekarang sedang banyak masalah rumit,perbanyaklah dulu istirahat,pulihkan stamina fisik dan psikis dengan istirahat yang baik,benar dan cukup.Sehingga kondisi tubuh dan pikiran kita akan mampu menendang dan memukul masalah dengan cepat dan tepat.

Selama pagi semua.

0 comments: