Minggu, 16 September 2012

Ketika Bingung dan Kelu di Depan Ka'bah,Baca yang Ini Saja

Ketika melakukan rangkaian ibadah umrah atau haji,apalagi yang pertama kali,suka muncul suasana "semacam kepanikan" di hati,diantara cape dan berdesakan dengan jemaah lain dan rasa haru di hati.

Ditambah dengan berjalannya waktu ritual dari tempat yang satu ke tempat yang lain, sementara doa di petunjuk panjang-panjang dan kadang lupa di tengah keramaian ditambah mempraktekkan baru pertama kali,kadang semua bacaan hapalan doa-doa jadi lupa semua.


Karena saking harunya suka lupa mau baca apa ketika di depan Ka'bah,campurnya berbagai rasa di hati suka hapalan pergi entah kemana.

Kalau sudah begini jangan lupa ke doa "Sapu Jagat" yaitu doa Selamat berikut ini ,Perbanyaklah doa ini daripada berdoa malah ngelantur dengan berbagai keinginan yang sangat buanyak di kepala hehe,tetapi ketika di depan Ka'bah semuanya jadi kelu lidah sukar berucap .

Berdoalah dengan Doa Selamat,ini sudah merangkum semua tujuan kita secara umum,Insya Allah.(maksudnya daripada setelah di depan Ka'bah ,malah bingung mau berdoa apa hehe,bagi yang pertama kali akan kena "seperti demam panggung" karena bercampurnya haru,syukur,kagum dan rasa religi lainnya).

                                                     Doa Selamat

Foto diambil dari: -lucky-.myflexiland.com
(semoga kebaikan disampaikan kepada yang membuat,menulis dan mengupload image doa ini)

Artinya : " Ya Allah, kami mohon kepada-Mu keselamatan agama, kesehatan jasmani, bertambah ilmu dan berkah rejeki, Dapat bertaubat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati dan memperoleh keampunan setelah mati. Ya Allah, mudah-kanlah kami pada gelombang sakaratul maut, dan lepaskanlah dari api neraka dan mendapat kema'afan ketika dihisab-Nya. Ya Allah janganlah diguncangkan hati kami setelah mendapat petunjuk, berilah kami rahmat. Engkau maha pemberi. Ya Allah berilah kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat, peliharalah kami dari azab api neraka ".


Jika doa ini terkabul bukankah sudah komplit bukan..? Mencakup semua hajat kita dunia akhirat,Insya Allah.

Atau misalnya lupa anda semakin parah,doa secara komplit di atas juga lupa,(maaf pembaca hal begini kalau anda sudah pernah melaksanakan praktek di tanah suci,banyak terjadi,karena cape,lelah dan panik pikiran serba becampur,haru,syahdu,heran,dan beraneka rupa rasa,maka tidak sedikit malah ingatan kita blank di sana).Bacalah doa pendek intisari dari doa di atas yaitu :


---diambil dari :marissa-haque-fh-ugm.blogspot.com---
(semoga kebaikan disampaikan kepada pemilik image ini dan mohon ijinnya saya sebarluaskan).
****

Atau kalau masih lupa dengan hapalan bahasa Arab,ya,,berdoa saja pakai bahasa Anda.Allah Maha Tahu dengan segala yang anda pinta dan panjatkan.

Selamat menunaikan ibadah haji bagi pembaca yang akan menunaikan haji tahun ini,semoga bagi yang belum berkesempatan sekarang,bisa menjadi tamu Allah di kesempatan berikutnya.Amin.

Baitullah,Ka'bah di Masjidi Al Haram-Mekkah Al Mukharamah
(Foto :Koleksi Pribadi ,bernadaindo.com/Aang WD S)
Catatan: 

Para pembaca yang budiman,tulisan di atas ini adalah semata-mata hanya pengalaman pribadi saya saja.Tulisan ini bukan bersifat fatwa tetapi murni menurut saya sendiri (penulis) yang semoga bermanfaat bagi jemaah yang awam seperti saya.

Terima kasih,salam persaudaraan.