Kamis, 26 April 2012

Belajar Mengemudi Mobil Bagi Pemula

Ilustrasi : Koleksi Pribadi www.bernadaindo.com
Keterampilan teknis yang satu ini, untuk jaman sekarang sangat dibutuhkan semua kalangan,baik bagi yang beruntung bisa memiliki mobil pribadi atau bagi sebagian orang bisa dijadikan profesi pekerjaan untuk menghidupi kehidupannya.

Untuk orang yang mengemudi duduk dibelakang setir suka disebut sopir,siapapun dia entah orang yang mpunya mobil atau bahkan sang sopir yang disewa untuk itu.


Meskipun kelihatan hanya sepele dan terlihat gampang,pekerjaan sopir sebenarnya sangatlah penting.Bagaimana tidak penting,sopir di dalam sebuah mobil dia adalah pemimpin di mobil itu, bertanggungjawab terhadap nyawa dirinya sendiri dan keselamatan nyawa para penumpangnya.

Karena pekerjaan informal sopir ini menjadi begitu sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan  peradaban,maka berikut ini saya tulis teknik-teknik dasar belajar mengemudi.

Tahap pertama Teori dulu, (mobil dalam keadaan off atau mesin dimatikan dan berhenti).Khusus untuk mobil Manual.

1.Mobil dalam keadaan off mesin tidak hidup,lihat dan pelajari nama-nama instrumen atau komponen di ruang kabin depan dan di dashboard dengan baik.

Misalnya,Pedal Rem,pedal gas,pedal kopling,perseneleng,Rem tangan,stang untuk wiper kaca depan belakang,pengendali kaca spion,stick untuk lampu dim,lampu dekat,lampu sen-sen kanan dan kiri,tombol klakson,sabuk pengaman dan sejumlah panel control lainnya di dashboard.

2.Untuk mobil gigi gear manual,hapalkan dahulu skema perpindahan gigi persneling hingga hapal di luar kepala dengan praktik memindah-mindah mulai gigi satu,gigi mundur dan gigi selanjutnya hingga terakhir.

Biasanya ada simbol hurup dan angka,misalnya angka O (nol) atau N (normal) untuk gear dalam posisi normal,Angka 1 s.d 5 atau tergantung model mobil dan hurup R (untuk berjalan Mundur).

Lalu latihan menginjak pedal gas, bergantian dengan pedal rem dan pedal kopling,ingat mesin dalam keadaan mati,tidak berjalan atau mobil berhenti.

Terussaja berlatih sampai anda mahir memindah persneling dan menginjak semua pedal dengan tanpa menengok ke arah alatnya,latih dan biasakan mata anda tetap tertuju ke depan dan ke spion kanan kiri.

3.Setelah hapal dan cukup bisa mengoperasikan minimal memindah tongkat persneling,menginjak pedal rem,gas dan kopling.maka langkah berikut sudah mulai dapat menghidupkan mesin.

Langkah berikut dengan mulai menghidupkan Mesin Mobil dan mulai berlajar Berjalan.

1.Pastikan Rem tangan masih dalam keadaan terpasang,cirinya biasanya tongkat rem tertarik ke atas atau tertarik ke belakang atau posisi lainnya sesuai model mobil.

2.Masukan persneling di gigi Normal atau biasa ada hurup O (kosong),atau P (parking) dan atau hurup N (normal),injak pedal rem secukupnya, lalu hidupkan mesin perlahan,tenang,tertib dan mantap,mata memeriksa semua bagian mobil,spion kanan kiri arah depan dan arah belakang kemudian berakhir dengan pandangan mata lurus ke depan melihat jalan.

3.Setelah mesin hidup biarkan sekitar sepuluh detik mesin mobil hidup jikalau di awalnya sudah dipanaskan, tetapi jika belum pernah dipanaskan biarkan mesin hangat sekitar 5 menit.

Lalu,injak pedal kopling (kaki kiri) perlahan melesak ke bawah,kaki kanan masih di pedal Rem mesin dalam posisi langsam,masukan tongkat persneling ke gigi satu,(perhatikan langkah ini ini harus terus dilakukan sepanjang masa,jika mau memulai berjalan, harus selalu memulai dengan gigi satu.),lalu injak gas perlahan (kaki kanan pindah dari pedal Rem ke pedal Gas dengan naluri dan perasaan (jangan dilihat,mata terus ke depan ke jalan),  mulailah dengan menginjak pedal gas perlahan dan memakai perasaan,melebihi langsam sedikit.

Setelah gas diinjak perlahan ,angkat pedal kopling (kaki kiri) perlahan..ingat perlahan dahulu sesuaikan dengan rasa dan pikiran yang penuh,rasakan ketika secara perlahan mobil akan bergerak maju,terus tahan kaki kiri (kopling) jangan dilepas angkat perlahan disesuaikan dengan laju mobil yang mulai berangkat.pedal gas mulai di injak ditambah kedalamannya.

Lalu melajulah dengan perlahan dahulu,jangan panik jika ada hal yang darurat di depan anda,ingat saja injak pedal REM dan injak Kopling.

Majulah perlahan dahulu dengan sabar jangan terlalu kencang di awal belajar,resiko mobil sangatlah besar tidak sama dengan resiko tabrakan sepeda misalnya.Kalau mau kencang sangat gampang tinggal tancap gas saja dan memasang gear tinggi pasti kencang,,,tetapi itu nanti di arena balapan gan..hehe.

Hati-hati  dan waspada.tetapi tetap berjalan yakinlah selama sesuai "prosedur dasar "yang telah dipelajari sebelumnya pasti akan berhasil.

Diawal berjalan, letakkan tangan kiri di angka 9 arah jarum jam dan tangan kanan di arah angka jam 12 (untuk setir yang dikanan mobil,atau tangan kiri di angka 12 dan tangan kanan di angka 3 arah jarum jam bila setir sebelah kiri mobil),tangan kanan/kiri diam di perseneling sekian detik untuk berjaga bila mobil sudah maju normal lima atau empat meter kedepan untuk segera dipindah ke gigi dua atau disesuaikan dengan kondisi.

Yang perlu diperhatikan pada saat  mobil mulai maju..-
-Pandangan mata fokus ke depan ke jalan yang akan dilalui
-Gigi gear persneling harus di gigi satu.pada awal mulai berangkat.
-Ketika mobil mulai bergerak maju,tahan saja dulu pedal kopling jangan di angkat sekaligus,angkatlah perlahan disesuaikan dengan injakan gas dan laju mobil.
Supaya mobil tidak enjot-enjotan..di awal berangkatnya,kuncinya yaitu kopling ditahan dulu,diangkat perlahan......dan gas diinjak pelan.....!

Dan yang paling penting ! Biasakan selalu berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing sebelum menyalakan mesin mobil atau mau berangkat.

Bersambung. ke sini gan silahkan klik linknya Klik Di Sini-Cara Mengemudi Mobil Automatic bagi Pemula"

32 comments:

kalau ada sekalian gambarnya lah biar jelas. Jadi gambar+keterangan.

halo anonim..
terima kasih telah mampir.

insya Allah saya nanti kasih gambar yang lengkap.

terima kasih mohon maaf baru saya moderasi komentarnya sekarang.

salam hangat

Thanks infonya, berguna bgt.

syukurlah kalau ada manfaat,hanya berbagi pengalaman saja gan...

terima kasih telah mampir di blog ini.

Tambahan : untuk menjadi terampil dan lebih baik,tentu saja "jam terbang"lah yang paling menentukan.

selamat bermobil...salam hangat selalu.

artikel yang sangat bagus sekali buat si simak, ..

Mantab artikelnya bung..
Pingin segera praktek nih..

rekan Pengobatan Alami : terima kasih,salam silaturahmi.

Rekan gitbagus>> juga terima kasih.

Hanya berbagi pengalaman saja.

..syukur kalau ada manfaatnya..

salam hangat selalu.

Keren and berguna banget..trims ya bro....

rekan Anonim,

Terima kasih telah selalu mampir.

Alahmdllah kalau ada manfaat,semoga selalu ada dalam lindungan Tuhan.

Amin.

terima kasih infonya sangat membantu bagi saya yang baru belajar mengendarai mobil ala manual...

Untuk teman (Anonim) semuanya,

Sama-sama terima kasih banyak atas kunjungannya ke blog sederhana ini.

Jika ada manfaat?,Syukur Alahmdulillah.

Info ini hanyalah sebagian skrup terkecil dari sekian pengetahuan mengemudi mobil.

Silahkan ditambah dengan ilmu dari sumber dan teman yang lain yang lebih ahli tentunya.

Salam silaturahmi.

Tengkyu banget sharing-nya, jd masukan yg bermanfaat buat yg baru mau belajar seperti saya ◦°◦нê◦нë◦нê◦нë◦нê◦°◦

Sahabat Anonim yth.
Selamat siang teman,bro atau sister ? hehe.

Ya sama-sama mas/mbak,terima kasih juga sudah mau berkomentar dan mampir di sini.salam kenal,salam silaturahmi.

Kehadiran anda,menjadi vitamin saya lebih bersemangat berbagi sebutir pasir pengalaman hidup di blog ini.Maaf saya masih belajar terus nih mas cara menulisnya masih belepotan.

Salaman hangat.

Aang D S

maaf sebelumnya, saya mau tnya bagaimana yaa cara nya memasukkan gigi lalu memainkan kopling. lantas, lebih mudah mobil matic atau manual ?
terima ksih, mhon dijwab..

Salam Mbak Riza Dwi Mumpuni.

Terima kasih sudah mampir salam silaturahmi.Semoga kabar baik selalu.

@ Cara memasukkan gigi di mobil manual>>..diusahakan bagi pemula mengahapal dulu skema perpindahan gigi di luar kepala.

Latihlah dahulu dalam keadaan mesin mobil tidak menyala dulu.Off.

Lalu setelah mesin dihidupkan,dan mulai belajar berjalan.

Posisi tongkat perseneling di Normal,rem tangan masih posisi mengerem,lalu injak pedal kopling melesak habiskan,perlahan tanpa melihat ke tongkat tangan kanan memindahkan ke posisi gigi 1.Kaki kiri tetap di posisi pedal kopling melesak.

Lalu,angkap perlahan...! kaki pedal kopling,berbarengan dengan pedal gas (kaki sebelah kanan menekan pedal gas perlahan juga)

Rasakan mobil mulai maju sedikit,mata tetap ke depan ke jalan raya.

Tahan pedal kopling jangan diangkat sekaligus.Agar mobil tidak (njot-jotan atau mesin tidak mati.-maaf).

Berlatihlah di lapangan bola atau di tanah lapang dahulu.

Insya Allah,akan cepat bisa,atau di lembaga kursus saja,karena jika lembaga kursus,mobil buat latihan sudah didesain khusus oleh pemandu akan dibantu mengerem atau nge-gas sesuai kebutuhan.

Kalau yang paling gampang antara mobil manual dan matic,? Ya gampangan mobil Matic atuh..hehe..lebih canggih.!

Terima kasih,semoga jawaban saya tidak puas.

Terima kasih sudah berkunjung,salam hangat salam persaudaraan.

mas saya mau tanya nih. saya penasaran kenapa tangan kiri di posisi jam 9 dan tangan kanan di posisi jam 12 ??? trimakasih

Mas Anonim yth.

Selamat malam :

Tentang posisi tangan ketika berjalan di angka jam 12 atau jam 9,itu hanya teori pakem saja mas.

Misalnya sebagai berikut :

Halo,Mas anonim....: (setir yang di sebelah kiri-model amerika atau saudi)...posisi tangan disarankan tangan kiri di jam 12 tangan kanan di jam 9,atau yang mobil setirnya model inggris (britania) atau Indonesia, tangan kanan di jam 12 tangan kiri di posisi jam 9...ini khusus bagi di jalan berliku dan babnyak belokan....turun naik dan terjal atau di medan yang memerlukan banyak harus berbelok kanan atau kiri...Tetapi kalau di jalan mulus dan lurus..bisa seperti memegang stang motor saja.Gak usah pakem dengan posisi 9 dan jam 12 di atas.Ini hanya pakem saja bro...

Terima kasih suka mampir di sini salaman...

admin.

Saya mau tanya.. saya sering mengemudi Mobil yg pke bb diesel seperti triton/,strada.. itu pas waktu melepas kopling nya sangat minim sekali titik kejut nya,tp setelah saya coba mngemudi Mobil bensin knp sangat besar/terasa sekali kejutan saat melepas kopling.. klo boleh tau apa beda nya dan apa saran nya..

TKB.

Mas Anonim,terima kasih sudah mampir sobat.

Kalau masalah itu saya tidak menguasai mas,tetapi akan saya tanyakan dulu ya ke yang ahlinya,ahli mekanik atau mesin.

Sekali lagi terima kasih mampirnya,salam hangat dan mohon maaf saya belum bisa menjawab hak teknis yang anda tanyakan saat ini.

Salam hangat sobat,

(◦'⌣'◦)◦°◦♍άќªšΐђ◦°◦(◦'⌣'◦) info Ωўα ..!duh..bsok hari pertama blajar mengemudi mobil.sangat bermanfaat info Ωўα ..!

Mbak Reni Irawati>>salaman hangat.

Sama-sama terima kasih mampirnya,dan semoga belajar mengemudi Anda selamat serta lancar.Jangan lupa berdoa sebelum menghidupkan mesin mobil.....

Yang paling baik,belajarlah di Pusat Kursus Mengemudi,karena di sana mobil buat latihannya sudah didesain khusus untuk para pemula...

salaman

Thanks mas persis wkt saya kursus dulu cm awal agak grogi takut nabrak, oya klo misalkan salah oper gigi dari 1 lompat 3 gimana cara ngatasinya mas :) trus saya perna nyetir di tanjakan pas diatas posisi di gigi 2e mas saya stop krn ada trailer lewat eh mau ngegas malah beraat banget pdhl udh injak full gasnya saya bingung takut jg tapi saya tenangkan pikiran dan pelan2

Mas Anonim>>makasih mampirnya,salam silaturahmi.

Tengkyu dah ksih info teori nyetir mbil manual utk pemula. Sangat bermanfaat.
Mudah2an nambah pede blajar nyetirnya :)

Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Hi, i really like your website and i have just analyzed your backlinks.
You need more authority links in order to rank. Best linking strategies in 2015 are backlinks pyramids and
PBNs. You can hit google's top10 easily. If you are not SEO pro you can outsource this
task, just search in google:
Burol's Tips Outsource The Work

Here is my web site ... JeanneSigle

Saya mau info di mana ya yang Ada belajar mobil nya Di hongkong buat syp z yg tau tolong coment ya terima ksih