Selasa, 27 November 2012

Kematian Itu Sangat Dekat dan Pasti Adanya

Mati adalah peristiwa sudah tidak hidupnya lagi semua organ tubuh disertai oleh meninggalkannya nyawa atau roh dari badan jasmaniah kita.Jalan dan caranya sangat banyak tidak terhitung,dan kesemuanya adalah Rahasia Tuhan.

Bagi yang berkeyakinan agama Islam,disebutkan Roh meninggalkan jasad kita untuk masuk ke alam kehidupan kedua di alam akhirat nanti setelah yaumul Kiyamat tiba,dan masa menunggu datangnya hari kiamat nanti,ketika kita sudah meninggal disebut alam kubur (yaitu masa penantian roh menunggu hari Kiamat di alam kubur atau alam barzah).

Tidak untuk membahas masalah alam kubur atau hari kiamat di postingan ini.Ijinkan saya menulis sekilas tentang begitu dekatnya kita dengan kematian.

Untuk sedikit memberi peringatan kepada diri kita,yang kadang ketika kita sedang asyik mengejar "dunia',banyak yang lupa bahwa kehidupan ini akan berakhir.

Bukan untuk mengendorkan semangat "motivasi' mengejar mimpi-mimpi dunia.Namun mengajak untuk berpikir seimbang,bahwa urusan dunia tidak terlalu terlena,sehingga kesombongan dan keserakahan serta berbagai ketinggian hati yang kadang hadir di setiap diri ini sedikit terkontrol.Agar tidak terlalu sombong dan takabur dengan segala kehebatan dunia yang sedang kita miliki saat ini.

Termasuk untuk mengingatkan diri saya sendiri,dan berbagi jika anda meminati membaca ulasan sederhana yang nyata akan kita jalani.

***
 Misalnya :

Tadi pagi,saya berangkat kerja jam 6.30 waktu Riyadh.Saya seperti biasa memakai mobil dengan berusaha mematuhi tata tertib di jalan raya.Waktu mau stop di lampu merah pertama ke tujuan,dalam jarak kurang lebih dua puluh meter lampu stopan sudah kuning,dan sayapun siap-sipa untuk berhenti sebelum zebra cross di depan kami.

Dan...,tiba-tiba dari arah samping kanan jalan ada sebuah mobil mewah Land Cruiser keluaran terbaru dengan laju yang sangat kencang menerobos lampu merah,dalam kecepatan yang tinggi dan menabrak mobil yang sedang melaju dari arah jalan yang lampunya sedang hijau.

Setelah menabrak beruntun di tengah perempatan jalan,mobil maut  tersebut bergulir ke tiang lampu stopan yang langsung ringsek serta melaju ke tiang listrik di jalur by pass jalan,tiang listriknya ambruk runtuh dan menimpa beberapa mobil yang sedang macet.Termasuk menimpa banyak orang di dalamnya.

Peristiwa persis di depan kami.Yang terlihat jelas ada tiga mobil ringsek yang ditabrak,dan sopirnya luka parah sangat parah.Lima mobil yang tertimpa tiang listrik yang runtuh dan tentu saja mobil yang pelaku utama tabrakan ini ringsek,pengemudinya Koit saat dilihat karena mobilnya jungkir balik dan ringsek hancur.

Padahal,jika saja pengemudi mobil maut tadi hati-hati dan berhenti sesuai aturan, jika lampu merah harus berhenti,maka kecelakaan dan maut tidak akan terjadi begitu mengenaskan.Merugikan diri sendiri dan mengakibatkan orang lain yang sebelumnya tidak berhubungan langsung jadi turut menjadi korban juga.

Tidak lain itu,akibat dari kesombongan dan kelalaian.Maka matilah dengan cara yang tidak disangka-sangka,mengenaskan kepala hancur dan badan ringsek.

Padahal sebelumnya beliau mungkin seorang yang sangat kaya raya,dihormati dan mungkin saja bergelimang segala kemegahan dan segala sumber kecongkakan dunia.Dilihat kasat mata secara mobilnya mobil super mewah yang harganya Miliaran rupiah,(maaf ini sebagai ilustrasi saja,Inalilalhi wainailaihi rajiuun),untuk diambil hikmahnya oleh saya dan kita.

Itulah yang pada hakikatnya adalah jalan kematian almarhum harus dengan jalan itu.Kelalaian jalan syariatnya hakikatnya jalan kematian baliau sudah begitu takdirnya.

***
Lalu,di kompas.com hari ini.

Diberitakan ada empat orang anak remaja berwisata dan mandi serta foto-foto di sebuah tempat wisata air terjun,dan ketika sedang bercengkerama mereka semua tertimpa longsor dan semuanya meninggal.Mati.

Atau banyak peristiwa sebab dan cara kematian yang tidak dapat diduga sebelumnya,semuanya rahasia Allah.

Termasuk kepada diri kita,kita sebagai orang biasa tidak akan tahu kapan dan dimana serta dengan cara bagaimana kita akan berakhir jasad ini kelayapan di muka bumi ini.Tak tahu kapan kita akan mati,menjadi bangkai tak bernyawa,dan mungkin tidak berharga lagi.

Walaupun ada juga orang-orang tertentu,atas ridlo-Nya yang mengetahui waktu akan kematian dirinya tiba.Biasanya mereka orang yang sangat saleh atau istimewa,namun orang normal pada umumnya,masalah umur kita semua tidak akan ada yang tahu.

***
"...kullu nafsin daikatul maut " Artinya : ..Semua yang bernyawa pasti akan mati"(Al-Quran).

Semoga kita semua,panjang umur dan berkah serta mati dengan kebaikan di ujung umur kita (Khusnul Khatimah).Amin Ya Rabb.

Semoga hidup kita selalu menebar manfaat dan beramal baik,serta jika terlena dan pernah berbuat dosa,semoga kita diberi kemampuan untuk bertaubat dan beramal saleh.Amin.

..."Pergunakan dan manfaatkanlah waktu hidup sebelum datangnya saat mati..." (sari al hadist..)

Salam hangat,salam silaturahmi.

0 comments: