Rabu, 21 November 2012

Sarapan Pagi

Tubuh kita sejatinya tersusun dari bermilyar-milyar sel.Yang dalam bekerjanya membutuhkan asupan berbagai nutrisi dan makanan yang sehat dan tepat.Termasuk waktu memberi makanannya,terutama ketika bangun tidur,dimana sel-sel tubuh sangat memerlukannya untuk proses pemulihan mereka.

Gaya hidup sehat berikut kadang kita mengabaikannya,entah karena sibuk atau memang sudah kebiasaan,selalu menunda "sarapan pagi".

Menengok ke gaya hidup orang tua kita dahulu,terutama para petani di pedesaan yang tubuhnya tetap bugar dan sehat sampai tua.Dalam arti tidak punya keluhan penyakit berat di masa tuanya,padahal gaya hidup mereka tidaklah se-modern zaman kita saat ini.

Disamping mereka banyak bergerak,bekerja mengeluarkan keringat,ada satu hal yang suka mereka lakukan dengan baik,yaitu suka sarapan pagi sepanjang hidupnya.

Kakek nenek kami misalnya,rata-rata berumur panjang.Mereka meninggal di usia 70 tahun lebih,dengan sejarah kesehatan tubuhnya tidak terlalu banyak penyakitan.Padahal mereka hidup di zaman 'susah'.Ketika jaman revolusi,zaman belum semakmur seperti sekarang.

Salah satu rahasia tubuh tetap bugar sampai tua adalah kebiasaan mereka selalu sarapan pagi setiap hari,langsung makan nasi walau dengan lauk pauk seadanya.

Rata-rata orang tua dahulu,biasa bangun dengan cepat,sekitar satu jam sebelum adzan Subuh mereka sudah bangun karena sore harinya berangkat tidur lebih cepat,tidak begadang.Setelah bangun mereka langsung memasak nasi,setelah sholat Subuh langsung makan nasi yang hangat.

Secara medis tentu saja akan setuju,bahwa organ tubuh dan sel-sel yang semalaman sudah bekerja memulihkan tubuh kita,saat pagi hari memerlukan nutrisi dan asupan makanan untuk memperbaharui mereka.

Ketika orang tua dahulu sarapan pagi dengan rutin,maka tidak heran tubuh mereka sehat dan bugar pada sampai tua.Karena sel-sel tubuhnya tidak kekurangan nutrisi serta otak memperoleh energi yang baik untuk melakukan fungsinya.

Sarapan pagi juga sangat bermanfaat bagi fungsi memori di otak manusia,sangat berguna bagi para mahasiwa dan anak-anak untuk membantu prestasi belajar mereka lebih baik.

Jika tidak mau kena sakit maag,gangguan lambung,dan ingin memori otak anda kuat serta ingin stabil rasa lapar tidak datang berlebihan,maka sangat baik jika sarapan pagi dijadikan kebiasaan yang selalu kita lakukan setiap hari.

Salam hangat.

Dari pengalaman sendiri dan berbagai sumber.

0 comments: