Selasa, 17 Januari 2023

Ungkapan Rasa Benci yang Konyol,Jangan Sampai Gan..!

Ujaran kebencian,apalagi yang sifatnya menghina atau memitnah baik di alam nyata atau di internet baca: medsos,adalah perbuatan jahat dan negatif bagi diri sendiri.

Di ranah internet sudah dibatasi dan diatur undang-undang,jika si korban membawa ke jalur hukum,tentu akan jadi masalah hukum.Sudah banyak pelakunya mendekam di penjara,nauzubillah.

Perasaan suka atau tidak suka kepada sesuatu atau orang adalah wajar,tergantung kepada sebab musabab perasaan itu terjadi.

Namun jika ujaran kebencian,sikap benci itu sudah mengusik korban yang dibencinya,maka akan hadir hak pihak lain yang menuntut keadilan.

Kebencian yang konyol suka dilakukan orang tanpa kontrol di media sosial berbagai platform,dari mulai konten tulisan,foto,video dan sebagainya.

Setuju,bahwa mengemukakan pendapat adalah hak setiap orang,setiap warga.Tetapi jika hak itu sudah menganggu pihak lain maka akan bersentuhan dengan hak orang lain.

Dan kebebasan berpendapat yang sampai melanggar hukum positif atau hukum alam adalah akibatnya akan kurang baik bagi kita.

Menghina,memitnah,mengabarkan kabar bohong,dan semacamnya jika dipublikasikan ke umum,itu adalah pelanggaran.Sering tidak disadari hal ini,padahal semua sudah mengetahui hal dasar tersebut.

Mungkin kontrol diri ,pengendalian diri masing-masing yang harus selalu menjaga pengendalian diri,termasuk jika kita membenci seseorang karena suatu dan lain hal,sebaiknya tidak diumbar ke media sosial atau ke khalayak umum.

Menurut pendapat saya,jangan sampai hidup kita jadi rugi dihabiskan di penjara hanya karena konten kita melanggar hukum.

Apalagi yang masih usia produktif,sangat rugi waktu jika hidup harus berurusan dengan hukum hanya karena membuat konten kebencian atau menghina di medsos.

Bukankah selagi ada waktu kita manfaatka. kepada hal yang lebih bermanfaat,bagi diri sendiri,mapan pendidikan,mapan ilmu,mapan harta,mapan keluarga,berilmu,bermanfaat,kaya raya,jadi pejabat,jadi pengusaha,atau minimal jadi orang baik dan bermanfaat bagi keluarga dan diri sendiri,daripada konyol hidup ribet berurusan dengan hukum hanya karena benci membabi buta dan dimuat di internet lalu tersentuh masalah hukum.

Sebaiknya dihindari,apalagi yang masih muda,kamu masih bisa berkarya,bekerja,bermanfaat dan berbahagia hidup tanpa harus membenci pihak lain dan diumbar ke medsos dan semacamnya.

Tetapi,saya tidak berhak menggurui siapapun,untuk kesekian ribu kali saya selalu bilang,pilihan hidupmu terserah Anda....!

Kita sebagai manusia mungkin anggap saja mengobrol saling tukar pengalaman,supaya kita hidup senang,hidup kaya raya,tidak menyusahkan orang lain,hidup berkelimpahan,berkah manfaat bagi alam semesta dan pasti bahagia.

Salam blogger,terima kasih pembaca semua

0 comments: