Sabtu, 25 Maret 2023

Masih Bingung Hidup Mau Jadi Apa?

Khusus untuk kaum muda yang seumuran SLTA  atau SLTP kelas IX.

Pada dasarnya ada dua pilihan secara umum untuk jadi apa dan mendapat pekerjaan sebagai apa untuk bisa mandiri di usia dewasa.

Pilihan itu secara umum ada 2 macan pilihan.

1.Jadi pegawai,buruh,atau karyawan.

2.Jafi wirausahawan,jadi pedagang,atau pengusaha.

Untuk pilihan pertama sesuai levelnya mulai dari jadi pegawai informal atau pegawai formal.

Jadi pegawai atau karyawan misalnya mau jadi pegawai negeri,pegawai perusahaan besar,pegawai negeri sipil,atau jadi pegawai BUMN dan semacamnya.

Jadi pegawai mendapatkan gaji atau penghasilan dari gaji atau upah dari pihak lain.

Sesuai tingkatan atau levelnya,pilihan ini membutuhkan ilmu pengetahuan yang baik,sesuai dan formal.

Pada pilihan ini Anda diperlukan,diharuskan mempunyai sertifikat atau ijazah dengan nilai yang baik,karena keahlian atau profesional Anda untuk pertama kali dilihat. dari nilai ijazah terakhirmu.

Untuk tingkat sarjana agar mudah mendapat pekerjaan dan penghasilan yang baik dan prestise bagus,nilai IP tinggi wajib dicapai.

Setelah memiliki nilai ijazah bagus dan maksimal,perjuangan masih harus lulus testing intern lembaga atau tempat melamar kerja Anda.

Serangkaian psikotest dan test-test khusus akan dilalui oleh Anda yang berminat jadi pegawai atau karyawan di semua level.

Jika pilihan hidupmu pada nomor satu di atas tadi maka Anda harus mempersiapkan diri,untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi yang sesuai dan terpercaya.

Juga harus berprestasi,meraih nilai ijazah yang tinggi.Serta harus berkepribadian yang baik dan mempunyai catatan kelakuan baik dengan bagus.

Untuk jadi pegawai yang bergaji besar,prestise yang baik,dan mempunyai kedudukan oke,maka Anda wajib kuliah dengan prestasi yang cemerlang.

Jika studinya jelek,sangat susah bersaing dengan temanmu yang mungkin mempunyai nilai ijazah lebih bagus darimu.

Itu syarat normal jika pilihan hidupmu ingin bekerja sebagai karyawan atau pegawai yang dihargai dengan tinggi dan terhormat.

Harus kuliah di perkuliahan yang sesuai,berprestasi,nilai terbaik,maksimal di ijazah sarjanamu.

Dan,jika pilihanmu ingin usaha mandiri,tentu jenjang pendidikan tidak terlalu dituntut harus tinggi.

Cukup punya minat,gairah,niat yang kuat,punya skill dagang,dan berani mandiri,sudah bisa Anda berjalan memenuhi kebutuhan hidupmu.

Jadi seorang pengusaha bisa dimulai dari jadi pedagang dulu,lalu asah terus skill dagangmu hingga berkembang jadi pengusaha.

Menurut pendapat saya,pendidikan walau hanya mampu sampai SLTA saja sudah cukup untuk jadi wirausahawan.

Karena pada pilihan ini skill dan pengalaman berdaganglah yang harus dimiliki dan diasah lebih baik,hal ini bisa belajar sambil bekerja.

Adapun untuk pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang perdagangan,manajemen dan sebagainya,saat ini tambahan wawasan ilmu pengetahuan perdagangan bisa Anda dapatkan secara informal dari internet,tanpa harus kuliah wawasan Anda bisa dapatkan dari jalan informal ini.

Nah,sekarang tinggal menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dirimu.

Mau hidup jadi pegawai...atau mau jadi pengusaha atau usaha mandiri yang bisa dimulai dari jadi pedagang dulu.....?

Selamat berpikir dulu ya.....!

#bernadaindo.blogspot.com,#peluang usaha,#memilih jalann hidup,#kawula muda,unkm.

0 comments: