Sabtu, 08 Juni 2013

Peluang Usaha:Modal Kecil ? Coba Waralaba Ala Kaki-5 Saja

Jenis lapak ala kaki lima yang sudah di-modernkan saat ini banyak ditawarkan orang.Termasuk dengan sistem waralaba.Besar modal pertama (uang)-nya bisa berjalan walau hanya mengantongi modal awal 10-20 jutaan saja.

Dalam paket macam ini,biasanya kita hanya harus menyediakan tempat dan mencari pegawai (karyawan) saja.Selebihnya sudah termasuk paket  pelatihan sampai seragam karyawan sudah termasuk kepada paket kerjasama ini.

Untuk yang mau bisnis sampingan secara real atau nyata,tawaran sejenis ini bisa dipertimbangkan,namun jangan lupa gan,sesuaikan jenis atau bentuk usahanya dengan situasi dan kondisi setempat.

Misalnya,tidak elok kalau kita membuka usaha kaki lima modern waralaba,buka kios es krim di pedesaan yang masih jarang penduduknya,atau membuka kios ikan bakar di pinggir restoran.atau membuka kios jagung bakar di tengah perkebunan misalnya.Sesuaikan dengan peluang di mana kita berminat buka usahanya.

Saya yakin Anda sudah tahu,strategi mulai buka usaha pertama adalah menjelajah dan bikinlah survei kecil-kecilan dahulu,melihat lubang dan titik-titik celah peluang sebelumnya,yang sesuai dengan waktu dan tempat serta kondisi kita.

Pemilihan karyawan juga sangat penting,pekerjakan karyawan yang memang sudah dikenal baik,atau pekerjakan saja kerabat handai taulan yang masih menganggur.

Dont forget pula,buat perjanjian atau dokumen kerjasana yang teliti,pasti,tegas,jelas dan tertulis,serta kalau bisa ,(sepertinya ini harus kalau zaman sekarang),cari rekanan yang mau membangun dulu kios usaha kita,lalu bayar nanti belakangan.

Karena banyak dan marak modus penipuan,lebih baik kita waspada dan bicara dulu,jika sudah 100 persen sarana usaha direalisasikan,dibangun dan dilaksanakan maka pembayaran baru boleh di-kontan.

Atau memakai sistem membayar termen sesuai progres pekerjaan membuat lapaknya,baru kita keluarkan uang tunai.

Banyak sekali saya kira jenis peluang usaha bekerjasama (waralaba) saat ini,terutama bagi yang mau membuka usaha sampingan,baik mau dilakukan langsung oleh diri sendiri,maupun Anda bertindak sebagai pengusaha-nya saja.Menjadi pengusaha waralaba kios kaki-5 modern,untuk menolong dan membantu (membuka lapangan kerja) bagi faimily atau kerabat yang masih nganggur dan sebagainya.

Selamat berkarya pembaca semua.Salam semangat.

0 comments: