Senin, 17 Juni 2013

Penulis Dumay,Siap dan Legawa Bila Diplagiat

Ada saran dari senior saya,beliau seorang blogger juga sebagai penulis yang asli "penulis'.Bahwa katanya jika tulisan atau konten milik dan karya kita dimuat di internet dalam berbagai bentuk media,di media blog,web site atau di jejaring sosial apalagi,ada satu hal penting yang harus diketahui seorang 'netizen' atau penulis,blogger dan semacamnya,yaitu : Harus siap diplagiat tulisan kita sewaktu-waktu oleh siapapun,paling tidak harus siap dicopy dan dipaste oleh siapapun.

Jika tak rela karya tulis atau konten  kita dicopy paste atau bahkan diplagiat,maka tak ada trik ampuh selain :jangan posting konten milik kita di internet !

Seperti layaknya dunia nyata, (ehm..saya sok tahu juga ya ?),...maksudnya begini gan,seperti layaknya di dunia nyata,masyarakat internet itu tidak semuanya 'orang baik-baik',yah,bermacam-macamlah,ada orang miskin,ada orang kaya,ada orang jahat,ada pengecut,ada si pemalas,ada orang keluar sekolahan tetapi jiwanya bukan jiwa terpelajar,ada orang masih awam,orang yang belum tahu bahwa memplagiat itu adalah kegiatan pengecut dan hina dan sebagainya.

Sangat beragam kepribadian dan karakter masyarakat internet,lalu ketika konten kita dibajak orang,maka memang ada sih upaya hukum bisa kita tuntut ke pengadilan,karena melanggar hak cipta dan sebagainya.
Namun pasti urusannya akan panjang.Yang jelas,kalau karya kita (konten tulisan,foto dlsb),tidak mau dibajak orang di internet,seharusnya kita tahu diri dan antisipasi pribadi saja.

Artinya kita selektif memuat konten yang kira-kira jika tidak siap dibajak orang,maka kita tak usah ditayangkan ke media internet.Dan jika niatnya memang untuk berbagi atau beribadah barulah kita upload ke  dunia maya.

Atau kita kunci dan tandai konten dengan berbagai cara,untuk yang ini pasti teman yang jago-jago IT sudah mahir dan mengetahui caranya.Namun bukankah tidak semua jago IT...? Termasuk saya hanya bisa mengupload dan mengetik saja gan hehe..., Gaptek....!

Masihkah kita ingat pesan di sebuah website besar,yang menyertakan catatan penting bagi para penyumbang tulisannya,yang berbunyi : "....jangan upload hasil penelitian di internet.....".Kalau hasil karya Anda tak mau dicuri orang...!

Selamat siang.

0 comments: