Sabtu, 16 November 2013

Ladang Ibadah,Sumbang Sumur Bor di Daerah Rawan Air Bersih

Dalam khazanah Islam,perbuatan atau amal yang disebut ibadah itu tidak melulu kegiatan ritual yang pokok saja.Bahkan dikatakan setiap gerak kehidupan jika diniatkan dan diamalkan dengan baik maka semuanya Isnya Allah akan menjadi nilai ibadah,berbuah pahala secara pribadi dan membawa berkah bagi semua pihak.

Diantara banyak ragam ibadah tersebut adalah menyumbang,sedekah zariyah dan sebagainya.Jika diniatkan sejak awal dari hati yang bersih,niat karena Allah semata maka pahala akan didapatkan,setidak-tidaknya pahala di akhirat nanti dan bentuk serta macamnya itu semua tergantung Allah SWT yang Maha Tahu.

Niatkan dengan ikhlas lilahitaala,jika Anda punya uang berlebih dan "mampu",tidak sedikit banyak daerah di tanah air yang lokasinya rawan air bersih.Ketika kemarau tiba maka daerah tersebut suka kekurangan air bersih untuk kegiatan Mandi ,Cuci dan Kakus (MCK).Menyumbanglah ke daerah demikian,maka akan lebih bermanfaat dan akan mengalir terus nilai ibadahnya sepanjang masa.Insya Allah.

Bila berniat bersedekah pompa air bor dan fasilitas air bersih,Anda bisa berkoordinasi dengan pengurus pemerintah Desa setempat,atau ke RT/RW kampung yang akan disumbang.Survey dulu daerahnya memang benar termasuk daerah kritis air bersih dan sangat darurat? Lalu dampingi selama pembangunannya sampai selesai (finishing) ,karena bisa saja kalau dikasih uang bisa dikorupsi pengurus setempat atau dialokasikan buat yang lain,salah alokasi!

Koordinasikan dengan penduduk setempat,dimana akan dibangun,di tanah siapa akan digali sumur bornya,dan sumbanglah langsung dalam bentuk material sehingga benar-benar uang sumbangan kita bermanfaat dan nyata dilaksanakan di dalam prakteknya.

Dengan menyumbang sumur bor dan fasilitas pendukungnya di suatu daerah,maka manfaat dari harta Anda yang disumbangkan itu akan terus bermanfaat sepanjang masa,bahkan mungkin sampai Anda sudah meninggalkan duniapun maka manfaat harta yang disedekahkan itu akan terus digunakan orang turun temurun.

Selamat berbagi rezeki dari Tuhan,dan niatkan hany karena ibadah lilahitaala,lalu insya Allah kebaikan akan datang kepada semua pihak,Anda dan Masyarakat banyak.

Dan hidup Andapun,Insya Allah akan "indah"...!


0 comments: