Senin, 18 November 2013

5 Hal Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan

Musim penghujan di kita sudah tiba,bahkan beberapa daerah sudah terjadi banjir dan longsor yang berstatus parah atau memakan korban.Baik korban harta,rumah,tanah sampai korban nyawa.Untuk kontur tanah yang berbukit-bukit dan tidak rata,selayaknya Anda waspada siaga satu dengan keselamatan keluarga,lingkungan bahkan daerah dan tempat usaha.

Waspada untuk rumah tinggal.

1.Coba periksa seluruh badan dan bagian bangunan,barangkali ada tembok atau kayu dan konstruksinya yang sudah retak-retak dan rusak.Periksa bagian atap rumah dengan seksama,perbaiki kebocoran di bagian genteng segera.Karena jika dibiarkan,rumah akan terancam ambruk dan berbahaya.

2.Periksa selokan,got dan saluran pembuangan air limbah saluran ke tetangga,ke jalan raya dan lingkungan.Koordinasi dengan tetangga se RT atau RW untuk bergotong royong membersihkan saluran air hujan.Atau jika Anda sibuk dengan pekerjaan,bisa membayar sejumlah kuli bangunan untuk membersihkan saluran air limbah.

3.Periksa instalasi kabel listrik dan saluran air bersih.Periksa kabel dirapikan dan diamankan dari kemungkinan kornsleting dan berbahaya jika air sedang banjir.Air adalah penghantar listrik yang baik jika terjadi kontak dengan strum listrik,dan ini berbahaya jika air tergenang di lantai rumah dan bermuatan listrik.

Rapikan dan amankan kabel-kabel listrik. Pasanglah saklar ganda di tempat yang aman yaitu saklar khusus yang bisa mematikan seluruh jaringan listerik dalam rumah Anda dengan setelah saklar standar yang ada di meteran KWH PLN.(Membuat lagi saklar sendiri dengan bantuan tukang listrik yang ahli),untuk dijadikan saklar darurat dan beritahu kepada semua anggota keluarga jika terjadi banjir mendadak saklar bisa di -off-kan dengan cepat dan mudah.

4.Periksa keamanan tanah dan lokasi rumah.Periksa dalam radius kira-kira 1 km dari rumah Anda berkeliling apakah ada kemungkinan terjadi longsor dalam skala besar yang akan terjadi di kompleks rumah ? Pastikan lokasi aman dari ancaman longsor.

5.Jika lokasi rumah Anda sudah tidak aman dan tidak bisa diperbaiki lagi,maka lebih baik pindah tempat saja ke lokasi yang lebih aman dan nyaman bagi Anda sekeluarga.

Salam waspada demi keluarga.

0 comments: