Senin, 18 November 2013

Waspada Hujan di Jalan Raya

Hujan juga akan berbahaya bagi keselamatan pengendara kendaraan di jalan raya.Persiapkan perjalanan bermobil atau bermotor pada saat musim penghujan.

Beberapa hal berikut bisa kita lakukan untuk usaha dan ikhtiar keselamatan perjalanan di musim hujan:

1.Tidak ngebut.Ngebut atau memacu kendaraan Anda di jalanan pada saat hujan adalah berarti mengundang maut.Anda akan bisa terkapar celaka dalam hitungan detik jika suka ngebut di jalanan yang basah dan sedang hujan.

Pada saat hujan,daya cengkeram ban dan aspal jalanan menjadi berkurang,sehingga daya cengkeram Rem dan permukaan aspal akan licin dan rem tidak akan pakem.Peluang tergelincir sangat mudah jika di jalanan Anda suka ngebut.Ingatlah selalu keluarga di rumah yang menanti Anda tiba di rumah dengan selamat! Jangan ngebut,please...!

2.Bagi mobil,pastikan kipas pembersih kaca depan berjalan dengan baik.Ganti dengan wiper baru jika sudah rusak,jangan paksakan mobil berjalan dalam hujan kalau kipas pembersih kaca depan rusak.Berhentilah dan nantikan hujan reda.

3.Periksa juga sistem AC mobil,karena di kendaraan model baru kaca mobil akan buram jika ditutup semua dalam keadaan di luar hujan.Design kaca mobil dibuat sedemikian rupa,sehingga jika ditutup semua kaca akan mengembun dan buram jika AC mobil tidak menyala.Pastikan AC mobil Anda baik dan normal.

4.Jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan di depan Anda.Karena kemungkinan saja kendaraan di depan akan berhenti mendadak karena kerusakan mobilnya atau sebab lainnya yang darurat.Jaga jarak sekitar 10 atau 20 meter jika kecepatan diatas 60 km per jam.

5.Senantiasa eling dan waspada,ingat Anda diperlukan dan ditunggu oleh keluarga Anda di rumah.Jangan mau mati konyol hanya karena kita lalai dan tidak waspada di jalan raya.

6.Kurangi tekanan angin pada ban kendaraan supaya daya cengkeram lebih baik dan tidak terlalu licin saat ban bersentuhan dengan permukaan jalan.

Semoga selamat dan tidak lupa selalu berdoa kepada Tuhan agar diselamatkan selalu.

0 comments: