Sabtu, 08 April 2023

Pertolongan Tuhan

Pada kondisi apapun manusia adalah makhluk sosial,artinya tidak akan ada manusia yang bisa sombong bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Mustahil seorang manusia bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Mungkin secara materi berkelimpahan,banyak harta punya kekuasaan dan secara ekonomi berpenghasilan mandiri.

Tetapi sesungguhnya lebih berkuasa,lebih kaya justru lebih banyak menuntut bantuan orang lain.

Walau bentuk ketergantungannya berbeda bentuk dan kelasnya.

Seorang kaya membutuhkan pembantu,penjaga keamanan,butuh sopir,butuh tukang kebun,butuh bodyguard,butuh orang untuk pekerjaan tenaga kasar,butuh manajer,butuh dokter pribadi,butuh,butuh selalu butuh bantuan orang lain 

Walaupun orang kaya bisa membayar jasa bantuan mereka,tetapi jika mereka tak ada yang mau dibayar,misalnya,uang dan harta justru akan merepotkan dirinya.

Bayangkan jika tidak ada orang yang mau jadi pembantunya,tak ada orang yang mau jadi satpamnya,tak ada yang mau jadi manajernya,semua orang tak mau membantunya walau mereka dibayar...tentu orang kaya itu akan sengsara.

Jadi sekaya apapun Anda,pada hakikatnya tetap membutuhkan bantuan orang lain.

Apalagi yang miskin,bantuan dari orang lain pada dasarnya sama,butuh bantuan orang lain,bahkan mungkin yang miskin lebih banyak membutuhkan bantuan dibanding orang kaya dalam hal tertentu.

Bantuan dari orang lain,bantuan dari alam semesta pada hakikatnya adalah pertolongan Tuhan kepada kita.

Tuhan memberi jalan rezeki yang gampang,memberi pembantu yang baik,sopir yang baik,memberi karyawan yang baik,memberi manajer yang baik,memberi satpam yang baik,memberi lingkungan yang aman dan baik,dan sebagainya.

Itu semua merupakan anugerah Tuhan melalui bantuan sesama makhluk.

Jadi bagaimana sampai bisa sombong hidup ini....?

Karena hidup ini kita saling membutuhkan,kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain,atau pihak lain.

Dalam batas dan hal tertentu kita bisa mandiri,namun secara keseluruhan kita hidup tak bisa hidup sendiri,kita pasti butuh bantuan orang lain,baik butuh secara langsung ataupun membutuhkan mereka secara tidak langsung.

Kalau manusia masih sombong dan congkak dengan sesamanya,mungkin inilah yang harus diamalkan sesuai anjuran syariat Islam,salah satunya adalah perintah selalu Baca ....!

Baik membaca secara arti harfiah membaca ayat tersurat dalam kitab suci,Al Qur'an atau membaca ayat-ayat Alloh yang tersirat di alam semesta ini.

Banyak membaca kitab suci,banyak membaca juga alam semesta,bertafakur,menghayati dan menyadari kita hanya makhluk yang lemah,kita senantiasa memerlukan bantuan Tuhan,lewat kuasaNya melalui syariat bantuan makhluk dan alam.

Bantuan dan pertolongan Tuhan,dalam kehidupan busa berbentuk dari pertolongan dan bantuan orang lain kepada kita.

Pertolongan dari sesama makhluk hakikatnya adalah pertolongan dari Tuhan.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi rekan yang muslim.

Salam sejahtera buat pembaca semua 

0 comments: