Rabu, 10 Juli 2013

Kronologi Lengsernya Presiden Mesir Muhamad Morsi,Juli 2013

Pada tanggal 30 Juni 2013,di sejumlah tempat seantero Mesir terjadi demonstrasi besar-besaran yang salah satu tuntutan terpenting para demonstran anti Mursi ini adalah menuntut pengunduran presiden berkuasa, Muhamad Mursi untuk segera meletakan jabatannya saat itu juga.

Sementara massa pendukung Presiden Mursi yang sedang berkuasa pun melakukan demonstrasi dukungan ,demontrasi dukungan Mursi paling besar terjadi di Kairo.

Tanggal 1 Juli 2013,Angkatan Bersenjata Mesir memberikan peringatan (ultimatum) 48 jam kepada partai untuk bisa memenuhi tuntutan demonstran anti Mursi,yaitu agar Presiden Mesir segera turun atau lengser.

Ultimatum dari Angkatan Bersenjata itu disertai pula oleh pengunduran 4 orang menteri pembantu Mursi,sehingga yang tetap bertahan di sekitar Mursi saat itu hanyalah orang-orang Ikhwanul Muslimin saja.

Ikhwanul muslimin adalah yang mengantarkan Mursi ke kursi kepresidenan Mesir melalui pemilu pada tahun 2012 lalu.

Tanggal 2 Juli 2013,Presiden Moursi kadang ditulis Mursi saja,menolak ultimatum Angkatan Bersenjata setempat,dan bersikukuh akan bekerja dengan program rekonsiliasi atas kuasa dirinya saja,dan bersumpah akan menyelesaikan semua konflik di negerinya.

Tanggal 3 Juli 2013,Kolonel Jenderal Angkatan Bersenjata Mesir,Abdul Fatah El Sisi mengumumkan (mendeklarasikan) tentang :

1.Rencana masa depan Mesir.

2.Menyatakan bahwa Presiden Mesir berkuasa Muhamed Muhamed Morsi telah dilengserkan sejak tanggal tersebut.

3.Menunjuk dan mengangkat Kepala Mahkamah Konstitusi Mesir saat itu,sebagai pemegang sementara jabatan presiden Mesir.

Sampai saat ini gejolak politik dan aksi turun ke jalan serta demonstrasi warga Mesir masih berlangsung.Terutama konflik antar Ikhwanul muslimin dan yang anti-Morsi.

Korban-korban banyak berjatuhan akibat terjadi beberapa kerusuhan serta demontrasi terus berlangsung.

Semoga revolusi di Mesir ini menjadi pelajaran bagi semua pihak.

Dan proses rokonsiliasi serta pemulihan kini masih sedang berlangsung,walaupun banyak pihak yang mengkhawatirkan,bahwa Mesir akan terlibat perang saudara jika konflik ini terus berlangsung.

Semoga segera perang saudara tidak terjadi dan segera ada jalan keluarnya bagi bangsa mereka.

Salam.

Disarikan dari berbagai sumber dengan sumber utama : Wikipedia Indonesia,menonton televisi dan berbagai topik berita di media online serta televisi di Riyadh.

0 comments: