Kamis, 11 Juli 2013

Islami: Berpuasa Bulan Ramadan,Mari Niatkan Karena Allah Semata

Menambah semangat untuk melaksanakan ibadah shaum pada bulan Ramadan,tidak ada salahnya kita mendapat berbagai informasi dari berbagai sudut pandang.Misalnya dari segi kesehatan,betapa banyaknya manfaat 'berpuasa' selama sehari penuh,selama sebulan lalu di malam harinya memperbanyak shalat tarawih dan berbagai shalat sunat lainnya.

Menurut ilmu kesehatan,akan banyak penyakit lahiriah yang tersembuhkan karena efek positif berpuasa ini.Termasuk rasa hati atau bathin,sebagai manusia beriman dengan keyakinan Islami,maka ketika hati dan bathin gundah gulana,resah gelisah karena terlalu banyak berbuat dosa,maka dengan melaksanakan ibadah puasa Ramadan ini,hati terasa dibersihkan dan yakinlah akan mendapat ketenangan.

Dari sekian banyak informasi manfaat baiknya berpuasa,maka yang paling penting adalah harus yakin bahwa jika kita berpuasa sesuai syarat dan rukunnya yang sudah ditetapkan oleh syariat,maka Allah akan memberi 'keberkahan' kepada lahir dan bathin bagi yang melaksanakannya.

Tidak ada kata dan kalimat yang bisa mengungkapkan bagaiman bentuk dan macam keberkahan Allah itu hadir kepada yang sedang berpuasa.Diri sendiri yang berimanlah yang akan merasakannya sendiri.Secara awam akan ada sebuah kedamaian di hati,ada berbagai makna dan arti kehidupan yang disadari sebagai manusia dan makhluk,akan ada hadir kesehatan lahiriah dan bathiniah seolah ada siraman air nan sejuk menerpa diri dan berbagai rasa lainnya,yang kesemuanya hanya akan terasakan dengan "keimanan'.

Tidak akan terkejar oleh nalar dan akal biasa kita tentang apa itu keberkahan selama melaksanakan ibadah puasa Ramadan.Hanya akan terasakan oleh yang beriman saja.

Satu prinsip penting sebagai manusia beriman dan Islam,ketika beribadah Puasa khususnya,adalah niatkan Puasa hanya karena Allah semata.Dan balasan Allah yakinlah akan datang ke yang berpuasa dalam berbagai bentuk keberkahan,baik keberkahan hidup di dunia maupun keberkahan hidup di akhirat nanti.

Dan bentk keberkahannya itu,hanya akan dapat diraih dan dirasakan oleh orang-orang yang beriman saja,oleh orang-orang yang percaya saja,kepada Islam.

Selamat menunaikan ibadah puasa para pembaca moslem semua,semoga ibadah kita diniatkan dan dilaksanakan hanya karena Allah semata.Dan ibadahnya diterima oleh Allah,Amin.

0 comments: