Senin, 27 Januari 2014

Hati-hati Gan,Maling Motor Sekali Beraksi Bisa Sikat 10 Motor

Berita di detik dot com hari ini,memuat laporan:"Bangsat Motor Sekali Aksi Embat 10 Motor", di sebuah kompleks kost-kostan di Jakarta.

Untuk ke sekian ratus kali,mungkin ke seribu kali saya selalu wanti-wanti kepada saudara,teman,anak,dan keluarga agar tetap hati-hati selalu jika memarkir motor atau mobil.Kewaspadaan bukan hanya harus di jalan raya,trotoar atau di sepanjang perjalanan saja tetapi waspada juga ketika motor parkir di rumah kita sendiri.

Dalam kenyataannya,perangkat keamanan tambahan seperti sirine alarm anti maling,kunci gembok di rem cakram,kunci velg,kunci gembok di rantai motor dan semacamnya,masih belum bisa diandalkan antisipasi keamanannya,nyatanya tetap bisa dijebol oleh maling laknat bangsat kendaraan ini.

Dan dalam operasinya mereka sangat "ahli' sekali,bahkan pernah terjadi pencurian di sebuah gang sempit,di dalam kamar rumah tinggal,dikunci pagar tamannya,dikunci pintu rumahnya dan pemilik motor malah enak-enakan tidur ketika maling sedang beraksi.Dan tentu saja motor hilang digondol pencuri.

Dalam kaitan ini, usaha dan ikhtiar kita yang perlu dilakukan adalah mengantispasi terjadinya pencurian.Sepert hal-hal berikut bisa kita lakukan demi sang pencuri tidak berminat menyikat barang Anda.

1.Usahakan jika memarkir motor di rumah pastikan semua kunci kontak dalam keadaan off,dan anak kuncinya disimpan di saku celana Anda di kamar.Kunci jangan tergeletak di meja tamu atau di tempat terbuka.

2.Jika sudah larut malah,masukan motor ke dalam ruangan rumah yang aman,jangan dibiarkan di teras rumah.

3.Belilah gembok dengan kualitas nomor satu meskipun harganya pasti mahal,karena jika gembok kunci berkualitas terbaik maka akan semakin sulit menjebol kunci gembok bagi pencuri walau mereka menggunakan cairan kimia untuk meleburnya.

4.Tak ada salah memasang alarm anti maling,agar memberi efek kejut kepada pencuri.Dan jika harus terpaksa parkir untuk kepentingan sesuatu di jalan raya atau di depan toko,maka bawalah teman yang bergantian saling menunggu di tempat motor diparkir.

5.Jangan bepergian sendirian ketika bermotor di malam hari walau dalam jarak yang pendek ketika sudah sepi.Bawalah teman berboncengan kalau berjalan di malam hari dan larut malam.Jangan hiraukan bila ada yang pura-pura bertanya sesuatu di pinggir jalan raya atau memepet jalan motor Anda.

6.Tidak memarkir motor sembarangan di halaman atau ditepi jalanan walau sudah dikunci gembok rem cakram atau rantainya,karena dengan sekali guyur oleh cairan kimia,maka bahan metal gembok akan sangat mudah dibuka bangsat.

7.Berdoalah ketika mau tidur memohon perlindungan Tuhan yang Maha Esa sesuai kepercayaannya masing-masing.

8.Bila perlu pasang pula saklar rahasia agar motor tak bisa menyala selain dari kunci kontak utama.

9.Selalu waspada dan hati-hati ketika memarkir di tempat manapun,soalnya akal pencuri lebih pintar daripada  kita.

10.Perlu gerakan secara gencar,masal dan berkesinambungan membantu penegakan hukum yang tegas dan berat bagi para pencuri yang sudah terbukti oleh aparat hukum  di negara kita,agar efek jera hadir kepada calon-calon bangsat yang belum beraksi.

Salam waspada.

2 comments:

Di komplek tmpt tinggal sy jg banyak yg kehilangan motor, bahkan d siang hr....salam nanik ekmawati

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.