Selasa, 04 Februari 2014

Menderita Asam Urat,Jangan Minum Aspirin !

Banyak artikel tentang asam urat dan seluk beluknya diposting teman blogger dan penulis yang memang ahlinya kesehatan.Di bawah ini hanya menceritakan pengalaman saya pribadi sebagai yang pernah terkena nyeri otot karena diperkirakan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.

Awal gejalanya sebagai berikut,saya suka olahraga lari dan sepak bola,ketika sudah hampir 1 bulan tidak latihan dan banyak tidur di kamar setelah bekerja,lalu berlama-lama duduk atau bersila 'online' di depan komputer,kurang bergerak dan makan-makanan berlemak yang tentu saja gurih dan lezat,akhirnya tubuhku protes dengan 'nyeri asam urat 'ini.

Sakit sekali di bagian persendian lutut,kaki,di tulang belakang bagian kaki dan serasa kaku ketika mau berdiri.Pokoknya bagian tulang-tulang di kaki semua terasa sakit dan linu,jangankan bermain sepak bola,untuk bangkit dari duduk (ketika sembahyang saja) saya hampir tak kuat.

Karena lagi malas ke dokter,akhirnya saya jadi dokter sendiri.Kebiasaan dari dahulu kalau sakit otot dan persendian suka ngambil solusi instan saja,beli Aspirin dan minum sesuai anjuran di leafletnya.

Apa yang terjadi...? Waduh,bukannya sehat tapi setelah mengkonsumsi aspirin lebih dari 10 mg,badan dan nyeri sendi di kaki malahan tambah parah.

Lalu kalau sudah begini,akhirnya saya pergi ke dokter juga.Dan kata dokter,didiagnosis sementara bahwa kadar asam urat di tubuh saya sangat tinggi,dan satu kesalahan fatal saya adalah 'jadi dokter' sendiri yaitu mengkonsumsi aspirin tanpa konsultasi dahulu dengan yang ahlinya.

Singkat cerita,dikasihlah obat dari dokter sebagai pereda nyeri jenis obat selain aspirin.
Karena saya sudah mulai mengurangi konsumsi obat kimia,maka beralihlah berobat dengan mencari obat alami,ramuan (jamu) asam urat yang tidak dicampur aspirin tentu saja.Yang asli jamu ramuan tradisional.

Setelah berhenti mengkonsumsi aspirin,juga berpantang makanan dan minuman pantangan lainnya,maka sehari kemudian hampir semua penyakit nyeri otot dan sendi berangsur sembuh.

Sekali lagi,ini bukan artikel tentang kesehatan karena saya bukan ahli kesehatan,namun asli pengalaman pribadi mengatasi sakit nyeri otot dan tulang (flu tulang) yang pernah saya derita.

Pantangan bagi yang menderita asam urat diantaranya adalah :

  • Jauhi minuman soft drink dan yang bersoda apalagi minuman beralkohol
  • Jangan makan melinjo atau emping,kacang-kacangan dan jeroan atau yang berlemak
  • Jangan makan kerang-kerangan,es krim,dan ikan,udang,daging bebek atau kalkun
  • Apalagi daging kambing,harus bersabar jangan dikonsumsi.
  • dll.
Dianjurkan pula penderita asam urat harus memperbanyak minum air putih,banyak berolahraga ringan,banyak bergerak dan beberapa ahli kesehatan menganjurkan untuk beraktivitas seksual yang sehat dan rutin juga akan membantu menyembuhkan serangan asam urat ini.

Hindari juga badan terlalu gemuk atau obesitas (meskipun yang kurus juga tak menjamin tidak terserang),selalu bergerak tubuh secara fisik,keluar keringat setiap hari dan bergaya hidup sehat selalu.

Demikian berbagai pengalaman ini,semoga bermanfaat,tulisan ini diperkaya oleh kutipan dari berbagai sumber artikel kesehatan lainnya di blog tetangga dan web site lainnya.

Salam berbagi.Terima kasih untuk selalu berkunjung ke sini.

10 comments:

dikompres dg air garam +air panas dg handuk kecil..(ingat air panas bkn 1/2panas..biar meresap ke sendi yg sakit..tentunya saat ngompres..sambil digerkan dg cepat handuk tsbt,agar gak luka terkena air panas

btw ngademin K makin kalap aje ya..mosok semua artikle kompasianer yg terkena suspended/banned dihapus semua..

makin ngeri aje nulis di K..apa gak memghargai hasil jerih payah org yg sudah nulis sampai 900an artikel..tau2 kok main hapus saja..nih cnth artikle ane..
nih cnthnya

http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2013/10/30/nyamannya-masjid-di-saudi-arabia-yang-full-ac-606059.html

http://www.kompasiana.com/www.nessma-majid.com

di kolom masih ada,tapi begitu di klik..sudah gak ada tulisanya sama sekali...makin gendeng aje tuh ngademin K

coba bro aang memngkritisi ngademin K..kalo ane sih sudah malas nuis di K..

salam/delta

Halo.Mas Delta yth....

Waduh makasih atas selalu mampirnya bro di sini.Apa kabar? Semoga kabar baik selalu.AMin ya Rabbalalamin.

Mkasih Bro tambahan informasinya tentang kompres asam urat,ini saya sudah coba resepnya.Lebih baik dan enak rasanya.

Mengenai kritik dan saran,saya rasa saya pernah mengontak salah satu dari admin di sana,mengenai kebijakan kepada yang sudah di banned akunnya,Mungkin ada error kalee bro,karena pernah semua postingan saya juga gak kebuka.

Saya juga agak dikit males soalnya susah bukanya dan suka lelet loadingnya.Akan saya coba mengontaka teman ngadmin suatu waktu Insya Allah.

makasih,semoga sehat selalu ya...

Bro coba kontak saya di fesbuk bro,supaya artikel2 di akun yg dibanned bisa dieksport ke blog pribadi Mas Delta....?

Sayang tulisan udah banyak banget dan orisinal,kalau terhapus begitu saja.

salam hangat.

udah beberapa hari bro..gak bisa di buka dg keterangan artkel has been deleted..

kayaknya sih permanent..dihapusnya../delta

Iya betul,ini saya juga lagi cek,gak bisa dibuka...coba saya mau tanya Kang Isjet di inbok fbnya---kalau mungkin masih bisa diimport (maaf bukan dieksport ) hehe..ke blog pribadi misalnya..di copy paste....saya rasa kalau kontak ke admin pasti masih bisa bro,,,untuk disalin.hanya harus oleh Mas Delta pribadi permintaannya...Mungkin..!!!

blm punya blod pribadi bro..

masih gaptek nih..kalo sdh punya blog sendiri sih udah dari dulu ane..pindahin...hehehe..

ok selamat malam..ane masih di jeddah..msh nguli biasa..mantengin k hanya sbg silent reader aje..kalo ada waktu./delta

menurut saya menjadi vegetarian dan olah raga, lebih aman.
saya uji coba sdh bbrp tahun,
dari mencoba melepas daging2an sedikit demi sedikit,
dari yg dulunya amat sering sekarang sudah bisa satu dua bulan belum tentu sekali,
sy rutin sehari minum segelas blender bayem, wotel, tomat + jahe dan olah raga seminggu 3-4 kali,
hasilnya,
penyakit alhamdulillah, sdh jauh berkurang, ngga kaya dulu, bentar2 sakit.
salam bahagia dan terus berkarya!

Mbak Aridha Prasetya yth,

Makasih mampir dan komentarnya,saya kan mencoba resep dari mbak.Dan memang Alhamdulillah sudah baikan kondisi asam urat saya.

Nah,bikin blenderan bayam itu saya masih belum bisa rutin,nanti kalau sudah di rumah akan saya amalkan Insya Allah,makasih.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.