Senin, 31 Desember 2012

Duh ! Di Kita Banyak Penipu

Kejahatan jenis Penipuan kerap dan sering terjadi sejak lama di tanah air.Bebagai modus dan jenis serta teknis penipuan,dari yang penipu kelas Teri sampai penipuan berjejaring dan mafia kelas Kakap.

Penipu masuk PNS,penipu calon Haji,penipu calon TKI,penipu Barang antik dan barang Ghaib,Penipuan berkedok Dukun,berkedok Kyai bahkan Ulama.

Penipuan lewat jalan internet,online,lewat sms,lewat telepon bahkan sampai penipuan dengan cara menghipnotis korban-korbannya.

Suatau waktu ketika saya tinggal di Bandung,Jawa Barat.Ketika pulang kerja di trotoar sambil nunggu angkot datang,tiba-tiba saya dihampiri seseroang dari kendaraan sepeda motor dan menyapa serta ngajak bersalaman.

Lalu setelah basa-basi sebentar,Ia menyatakan bahwa saat itu sedang dalam kesulitan keuangan,dikatakan bahwa anaknya sedang dioperasi Caesar dan membutuhkan uang banyak dan bla-bla-bla alasan lainnya.Alasan yang sengaja dibuat "setragis" mungkin agar saya terbujuk dan iba.

Saya dilema saat itu,tidak ditolong maka saya akan merasaa berdosa seumur hidup,jika memang benar apa yang dikatakan penipu itu,bahwa isterinya sedang dioperasi Caesar dengan bayinya.Tetapi dalam hati kecil saya curiga,dengan cara menawarkan sebuah arloji (jam tangan) lengkap dengan kwitansi pembelian dan surat-surat transaksi lainya,disodorkan ke saya sebagai jaminan katanya.dari bahasa tubuhnya saya sudah menduga,dia adalah berbohong.

"Saya tinggal sisa saja menebus uang Rumah Sakit,Kang.Hanya 250 ribu "ujarnya saat itu.250 ribu tahun 1993,gaji saya saat itu hanya 625 ribu rupiah saja.Sebagai supervisor di sebuah perusahaan distribusi.

Saya yang bukan orang kaya,tentu saja jadi bingung hehe.Antara mau menolong,curiga dan was-was dengan bahasa tubuhnya yang sudah bisa saya tebak,oh ini mungkin penipu atau berjualan dengan cara menipu.

Saat itu,diberilah Ia uang Rp.5000 untuk bensin saja kata saya.Setela mohon maaf bahwa saya tak bisa membantunya.

Satu jam kemudian datang teman kerja saya,dia membawa jam tangan yang persis seperti penipu tadi kasih lihat ke saya.Ternyata teman saya yang hatinya " sangat baik' itu telah memberinya uang 300 ribu rupiah,karena iba katanya ke isteri si penipu.

Lalu,satu jam setengah berikutnya,saya juga bertemu dengan teman lain perusahaan namun masih satu rumah kost di Jalan Moh,Toha.Dengan cerita yang persis sama dengan teman pertama saya tadi,lalu hari kedua,ketiga setelah itu banyaklah teman-teman saya yang mendapat jam tangan palsu yang waktu itu mungkin harganya Rp.10.000,an dan mereka membelinya ke penipu itu antara 300 ribu s.d 500 ribu.hampir satu bulan gaji kami.Tahun 1990an.

Ternyata diakhir cerita (ditangkap Polisi ),si "penjual' itu cerita tentang isterinya yang di operasi caesar adalah bohong,itu adalah hanyalah salah satu trik "cara dagang" dengan menipu pembeli.

Banyaklah cerita nyata,bila saya tulis mungkin kecapaian ngetiknya gan.Misalnya banyak teman saya yang sudah masuk duit puluhan juta mau masuk PNS,mau jadi TKI,atau yang suka dan tertarik dengan ilmu ghaib,pemujaan dan pencarian harta karun yang terus berbelit-belit cerita fantasinya.Dan semuanya mereka tertipu,uangnya ludes,pelakunya kabur dan maksudnya tidak jadi.

Atau teman yang ngelmu pesugihan ditipu ole dukun palsu,atau yang ditipu mentah-mentah di kantor,di jalan,di rumah ,di toko,dan di kiosnya masing-masing.Bahkan melalu sms,telepon dan media online.

Waspada selalu dan hati-hati.Tidak hidup serakah dan tetap mawas diri.

Senantiasa berdoa dan berusaha untuk selalu mendapat lindungan Tuhan dari berbagai jenis kejahatan.Adalah solusi terbaik menghadapi banyak penipuan yang marak dari zaman dahulu hingga masa kini.

Selamat malam.