Sabtu, 15 Desember 2012

Lagi,Alexa Traffic Rank dan Blogger

Seri : curhat admin atau admin curhat.....

Sistem peringkat oleh alexa.com bagi blog khususnya,bagi saya pribadi adalah menarik dan sekalgus merupakan salah satu penyemangat dalam kegiatan blogging.Bagi pembaca tentu akan mempunyai jawaban masing-masing,apakah menarik atau tidak rangking blog kita oleh alexa.

Sama halnya dengan penting atau tidak penting rangking alexa bagi blogger dan kegiatan blogging-nya,tentu setiap blogger akan berpendapat berbeda-beda.

Saya pribadi memandang alexa traffic rank adalah tambahan multivitamin semangat untuk selalu mengupdate postingan.Tidak terlalu ekstrim alasan saya,sederhana saja bahwa ketika ranking alexa semakin tinggi,maka ada suatu kepuasan terendiri yang saya rasakan.

Rangking alexa untuk website dan blog yang bertujuan komersial tentu penting,biasanya pemasang iklan akan melihat angka rangking ini,selain dengan pertimbangan lainnya.

Pengalaman saya,untuk bisa terus mempertahankan dan meningkatkan rangking blog adalah tetap "teori' jadul tentang "Konten adalah Raja" masih tetap berlaku,disamping banyak faktor lainnya.

Konten yang unik,kalau bisa orisinal dan selalu mengupdate postingan setiap hari minimal satu artikel,kalau bisa lebih tentu lebih baik.

Pengaruh banyaknya kunjungan di statistik hanya memberikan kontribusi sedikit bagi peningkatan sebuah rangking alexa,contohnya blog ini ketika masih di rangking 10 juta ke atas,pengunjung di statistik saya hanya 100-150an setiap hari.Hasilnya malah dengan cepat rangkingnya naik ke bawah angka 1 jutaan,untuk rangking global.Hanya waktu itu saya rajin ngeposting tiap hari bisa sampai tiga postingan.

Setelah di bawah 1 jutaan,selain persaingan lebih ketat saya jarang update postingan,meskipun pengunjung di statistik menjadi berkisar di angka 200 s.d 300 kunjungan atau klik tetapi rangking malah bisa turun.Minggu kemarin Alexa Traffic blog ini di angka 450.000 an saat ini turun di 490.000,padahal pengunjung setiap hari tercatat di sattistik lebih dari 250 hit.

Maaf saya awam,angka di statistik blog kita itu apakah hit,klik atau kunjungan,pokoknya angka statistik blog melaporkan begitu.hehe.

Mengupdate postingan setiap hari,membuat konten yang unik dan bermutu,menurut pengalaman saya pribadi yang masih baru di dunia blogging,adalah cara terbaik untuk meningkatkan rangking alexa.

Penting atau tidak penting rangking alexa,itu masalah lain.Yang jelas saya sendiri dengan selalu melihat rangking saya naik,maka semangat tertmbah untuk tetap ber-blogging ria.

Meskipun tujuan blogging saya bukan melulu mengejar rangking itu,tujuan yang paling penting kegiatan blogging saya adalah :

1.Memperbanyak silaturahmi dengan sebanyak-banyak teman,baik di dunia nyata terutama di dunia maya.

2.Nge-blog,sebagai self therapy bagi diri saya sendiri.Bisa ditulis sebagai salah satu bentuk hiburan diri.

3.Semangat ingin banyak kenalan,teman,sahabat dan persaudaraan.

4.Belajar mengetik lagi.Secara jika sudah tua nanti ada kegiatan yang baik untuk dinikmati ketika tubuh sudah tak bisa pergi jauh ke tempat lain selain di rumah.

5.Dan sebagainya.

Terima kasih sudah mampir,salam silaturahmi.

0 comments: