Kamis, 22 Juni 2023

Istirahat juga Bagian dari Berjuang

Katakanlah kamu yang sedang bekerja saat ini,baik sebagai karyawan atau wirausaha di berbagai level,adalah sebuah perjuangan.

Yaitu perjuangan untuk kamu terus hidup dan bahagia,bukan..? Jika sudah berkeluarga tentu perjuangan untuk kami plus keluarga,anak,istri,suami,dan keluarga besar.

Yang lebih luas tentu berjuang juga untuk negara,bangsa,tanah air dan ujungnya agar hidup dan mati kita berbahagia.

Harapa selalu ingat,visi misi hidup kita agar bahagia selalu dijadikan acuan atau target kita berjuang di kehidupan ini.

Waktu bekerja,mengerjakan pekerjaan rutin sehari-hari,menyelesaikan tugas dan sebagainya,atau kamu masih kuliah,dikejar target untuk menghadapi ujian,test mingguan,semester,tahunan bahkan sedang menyiapkan skripsi dan persiapan akhir.

Atau kamu wirausaha,berbagai proyek dan target harus dikerjakan dengan baik dan tepat sasaran,kadang memerlukan jam kerja lebih,harus lembur bahkan Sabtu atau Minggu pun harus tetap bekerja.

Itu semua hal yang wajar,pada fase berjuang untuk membuat hidup lebih baik,hampir semua orang berjuang secara keras,seperti kamu itu.

Tubuh,pikiran,otak,dan seluruh kemampuanmu bekerja setiap hari,setiap jam dan melibatkan organ tubuh jasmani juga pikiran digunakan untuk bekerja,kerja,dan kerja.

Sangat manusiawi,normal jika tubuh dan otakmu,atau pikiranmu bisa lelah,bahkan lemah jika diantara waktu bekerja dan bergerak itu terlalu diporsir tanpa istirahat.

Sebagai ungkapan protes organ tubuh kelelahan adalah nyeri otot,lemas,lemah dan lesu,bahkan bisa merasakan kesakitan tertentu.

Sama halnya juga menimpa pikiran,otak yang terus digunakan juga bisa mengalami kelelahan berpikir,jadi lemot,lamban,kurang konsentrasi,limbung,pikun,dan tidak sedikit yang stress.

Tidak ada jalan lain,untuk mengatasi kelelahan fisik dan psikis ini selain Istirahat.

Istirahat yang teratur lebih baik,artinya istirahat yang benar-benar menggunakan waktu rehat itu untuk menyegarkan kembali fisik tubuh dan psikis kita.

Hari Minggu ambil libur,tidak mengurus urusan pekerjaan,atau ambil cuti bulanan dan benar dimanfaatkan total untuk "berhenti" dan keluar sebentar dari hal rutin pekerjaan sehari-hari.

Bekerja terlalu "over speed" juga tidak baik,malah akan semakin gak karu-karuan pekerjaan kita.

Ambil jeda,ambil cuti,atau liburlah sehari dalam seminggu,dan beristirahat.

Istirahat atau libur juga masih merupakan bagian dari perjuangan hidup kita.

Selamat beristirahat,dulur semua.


0 comments: