Minggu, 25 Juni 2023

Tips Sehat:Tidur Cepat Bangun Cepat

Pola tidur cepat di malam hari paling lambat jam 21.00 lalu bangun jam 03.00 pagi,setelah dijalani memang terbukti membuat tubuh tidak sakit-sakitan dan daya tahan tubuh menjadi meningkat.

Selain secara kejiwaan membuat pikiran terasa lebih siap dan siaga untuk menghadapi menjalani aktivitas di pagi siang dan sore hari.

Bangun tidur saat subuh membuat kita jadi ada masa persiapan fisik dan mental untuk bekal pergerakan hidup di siang hari,karena sejak terbit fajar tubuh dan jiwa sudah bangun,jiwa sudah sadar dalam keadaan segar.

Begadang setiap malam sudah terbukti tidak menyehatkan badan,coba saja kita begadang  dan kurang tidur,maka siang harinya pusing,puyeng,lemah,lesu,filek,masuk angin,meriang,dan tubuh tidak fit.

Kita tetap hidup tidak mati,tapi tidak sehat,kantung mata membengkak,muka pucat ,dan aktivitas terkantuk-kantuk.

Mungkin saja ada yang begadang karena tuntutan pekerjaan,sehingga setiap malam harus melek tidak boleh tidur.

Untuk kurun waktu tertentu karena harus bekerja dan usia masih muda tidak masalah,tetapi jika pola tidur kurang di malam hari kurang sempurna paling sedikit 7 jam tidur lelap dan berlangsung bertahun-tahun,tidak baik juga untuk kesehatan jasmani dan rokhani kita.

Sebaiknya jika sudah memungkinkan,mencari lagi tempat kerja yang bisa tidur normal hal demikian lebih bijaksana untuk kesehatan diri kita.

Pindah kerja ke tempat yang jam kerjanya normal.9

Memang tidak terjadi,begadang malam ini lalu mati besok harinya,bukan begitu juga...!

Tetapi efek buruk pola tidur yang kurang tepat dan berlangsung secara terus menerus kemungkinan tubuh "keropos" di usia dewasa lebih besar daripada orang yang pola tidurnya baik,bisa tidur sempurna setiap malam paling tidak 6 atau 7 jam berlangsung lelap.

Menurut ahli kesehatan,saat tidur pulas maka tubuh manusia melakukan istirahat dan sebagian sel-sel pembangun sedang memperbaiki sel tubuh yang lemah atau rusak.Prosrs ini berlangsung jika tidur orang tersebut lelap dan berlangsung lama.

Tidur yang baik tidur yang lelap,berlangsung lama 6,7 atau 8 jam l,aman,nyaman.Kondizi demikian normalnya terjadi pada malam hari.

Pengalaman penulis tentang manfaat tidur cepat dan bangun pagi itu baik untuk kesehatan,dalam kondisi masih muda kamu mungkin tidak akan percaya,karena meskipun begadang tubuhmu sehat-sehat saja....! iya...untuk hari ini masih sehat,tapi tetap wajahmu pucat dan mata merah tidak sehat 

Tergantung pada daya tahan tubuh masing-masing,tapi pada umumnya pola tidur yang cukup,teratur,tertib normal menyumbang banyak kepada membuat kondisi tubuh yang sehat,segar,bugar,fit,daya tangkal penyakit lebih kuat,dan banyak yang sukses hidupnya.

Tidur teratur,cukup,normal bisa membuat tubuh jasmani dan rokhani berpeluang lebih sehat,awet muda,sedap dipandang mata,menikmati hidup lebih baik karena sehat,tidak banyak keluhan penyakit ini penyakit itu yang timbul karena terlalu banyak begadang yang kurang perlu dalam pola tidurnya.

Selamat pagi,semua.

0 comments: