Minggu, 22 September 2013

Rhoma Irama dalam Nada dan Dakwah

Siapa yang tak mengenal Rhoma Irama? Raja Dangdut,yang bukan saja para penggemar musik dangdut tahu beliau,tetapi hampir semua lapisan masyarakat Indonesia bahkan warga negara tetangga juga mengenalnya.Sebagai artis,sebagai penyanyi dan pencipta lagu,sebagai Seniman.

Keunikan,ciri khas dan kharisma dan kekhasan warna suaranya ditambah dengan kepiawaian dalam bermusik melayu yang kemudian dikenal dengan nama Dangdut,menjadikan Bang Rhoma sapaan akrab beliau atau Bang Haji semakin menambah kepopuleran di seantero nusantara.

Belakangan Bang Rhoma juga berkiprah di dunia dakwah,disamping telah sebelumnya berdakwah lewat syair-syair lagu bertema dakwah juga didukung oleh ilmu agama beliau yang memang cukup untuk menjadi seorang pendakwah.

Ini asli gan opini dan pendapat pribadi saya sendiri,akhir-akhir ini saya sebagai salah satu fans beliau sebagai Seniman,agak kecewa dengan beliau ikut atau mau mencalonkan diri jadi presiden RI pada tahun 2014 nanti.Bahkan beberapa berita menulis (entah benar atau tidak),bahwa beliau telah mengklaim dirinya sebagai calon presiden dari PKB.

Hak diri pribadi Bang Rhoma sebenarnya,apakah beliau mau mencalonkan atau tidak,atau mau apa saja itu adalah hak pribadi seorang Rhoma Irama.Namun,sebagai penggemar karya-karya seninya,terutama nada-nada dakwah dalam ratusan karyanya lewat syair-syair dan nyanyian beliau,ketika mendengar berita politik ini,saya pribadi sangat menyayangkan.Atau kalau dengan kalimat yang lebih sopan,saya sangat kasihan?

Saya sendiri jika mendengar dakwah dalam bentuk ceramah beliau tidak begitu tertarik,dan terasa tidak masuk di hati kalaupun saya berusaha mendengar dan mencernanya ketika beliau ceramah atau berpidato.

Namun lain lagi jika saya sedang menyimak lagu-lagu syahdu dan bermanfaat karya beliau,ada banyak sekali hikmah-hikmah dakwah beliau justeru saya dapatkan sampai meresap ke hati adalah berasal dari syair-syair dan nyanyian dakwah beliau.Entah apa sebabnya,seolah-olah nyanyian dakwah yang dikemas dalam lagu-lagu irama dangdut malahan lebih masuk di hati pesan dakwahnya bagi diri saya.

Beberapa pesan dakwah seperti hari kiamat,keramat ibu kandung,isteri soleha,pesan jangan berjudi,sebujur bangkai,jangan begadang,Mirasantika dan banyak lagu beliau yang sampai ke hati ini pesan-pesan dakwahnya.

Sekali lagi ini hanyalah opini penulis sendiri tentang ini,saya hanya berpesan kalau boleh dari seorang fans setiamu Bang Rhoma,cukuplah Anda sebagai seorang seniman saja.Nada dan Dakwah Bang Rhoma lebih menarik,kharismatik dan simpatik serta lebih sampai pesan dakwahnya lewat karya-karya seni Bang Rhoma.

Entahlah,pesan-pesan yang disampaikan oleh cara lain,dengan ceramah atau dengan Bang Haji ikut politik praktis,bagi saya Bang Haji menjadi tidak menarik lagi.Tidak semenarik dan sesimpatik kalau Rhoma Irama berdakwahnya lewat karya seni seperti dahulu.

Tetapi,tulisan ini hanyalah opini pribadi saya,yang berhak menentukan adalah tentu saja seorang Rhoma Irama itu sendiri.

Salam hangat selalu.

0 comments: