Sabtu, 20 Mei 2023

Keberlanjutan Bertahan Hidup

Konsep berlanjut dalam melanjutkan kehidupan terutama dalam pemenuhan kebutuhan hidup bukan saja harus bisa melanjutkan atau mewariskan semangat moralnya saja,termasuk penting juga adalah melanjutkan warisan fisik materil dan sistem yang sudah dibangun orang tua.

Dalam hal untuk pemenuhan kebutuhan pokok misalnya,bahkan untuk kehidupan lebih baik kita bisa melanjutkan lingkungan dan sistem yang sudah orang tua bangun.

Jika orang tua mewariskan kita rumah,kebun,sawah misalnya,kenapa kita tidak melanjutkan bidang pertanian itu untuk pilihan hidup kita.

Jika orang tua sudah membangun sistem dan hidup di pertanian dengan lahan dan infrastruktur yang sudah beliau bangun,sangat tidak elok,menurut penulis untuk lalu anaknya memutus rantai lingkungan tersebut.

Dalam contoh kasus terkecil misalnya,banyak anak yang menjual lahan,kebun,sawah,rumah warisan orang tua hanya untuk mengejar sesuatu yang baru di kota.

Menjual tanah sawah warisan ditukar dengan SK atau status karyawan di kota ,yang notabene kehidupan kota segalanya tergantung kepada uang,ada uang kita hidup gak ada uang kita mati-kasar katanya begitu,atau tidak mati tapi kalau tak ada uang pasti sengsara atau menderita susah makan.

Beberapa orang mungkin ada yang lebih sukses dan berhasil melipatgandakan harta warisan dengan jadi orang sukses di kota.Meskipun tanah sawah habis di kampung namun berhasil jadi karyawan bergaji tinggi dan mengumpulkan kembali harta di kota,tetapi....itu berapa persen dari sekian banyak yang gagal dan terus hidup pas- pasan di kota.

Benang merahnya maksud penulis adalah jika kamu diwarisi tanah,rumah,kebun yang cukup oleh orang tua,meskipun kamu sedang di kota saat ini,usahakan jangan dijual,tetapi bisa diberdayakan dan dilanjutkan perjuangan orang tua membangun lingkungan dan sistem yang diwariskan itu.

Menjaga jika kita gagal di kota,atau hanya jadi pegawai biasa,atau bangkrut usaha kita bisa pulang kampung dan meneruskan sistem pertanian warisan.

Konsep warisan keberlanjutan yang kita maksud bukan saja berlaku di perdagangan atau di usaha saja,namun berlaku umum,mungkin juga di warisan seni dan budaya,warisan Karuhun atau tetua sebaiknya ada yang meneruskan.

Jika ada warisan tanah sawah diteruskan dan dikembangkan teknologinya,dibangun lingkungannya,diperbaiki sistemnya tetapi jatidirinya sebagai lahan pertanian dan semangat bertaninya tetap lestari,dan pasti akan sangat bermanfaat bagi pribadi,keluarga,dan orang banyak.Hidup sebagai petani bisa dijadikan pilihan dan bisa menjamin hidup bahagia 

Warisan seni dan budaya juga diperlukan ahli waris generasi penerus,agar tetap lestari dan digarap diperbaharui sesuai zaman dengan tetap memelihara jati dirinya,bidang ini pun bisa jadi pilihan hidup dan ladang amal sekaligus akan menjamin kehidupan anda bahagia.

Setelah berada di tangan kamu warisan tersebut,bidang apapun itu dipelihara,dilestarikan,dikembangkan,sehingga bisa berlanjut dan dapat diteruskan oleh anak keturunan atau generasi berikutnya dengan lebih baik.

Selamat menikmati malam Minggu pembaca semua.

Konsep Keberlanjutan bagian 1

0 comments: