Selasa, 09 Mei 2023

Ganjel Ban Saat Mobil Berhenti

Teknologi keamanan mobil zaman ini sebenarnya bawaan dari pabrik sudah baik,dari sistem perseneling khusus parkir sampai penggunaan rem tangan wajib dipergunakan ketika mobil sedang berhenti.

Fitur safety,keselamatan mobil dan orang terus dikembangkan oleh pabrik kendaraan,alarm jarak body dengan benda sekitar,fitur kamera parkir,alarm dan peringatan keganjilan kondisi oli,tekanan angin pada ban,suhu kendaraan,kondisi air pembersih kaca,alarm sabuk pengaman,alarm kelebihan kecepatan maksimal jalan raya,dan sebagainya sudah dibekali dari pabrik pembuatnya.

Pada mobil matik biasanya kunci kontak tidak bisa dicabut kalau tongkat persneling saat mesin mati tidak pada posisi hurup P,atau Parking.

Kunci kontak hanya bisa dicabut jika posisi P mesin mati,artinya mobil dianggap aman sudah terkunci oleh gear parking ketika ditinggalkan pengemudi.

Itu di mobil matik untuk penumpang mobil sedang dan kecil.

Kasus kecelakaan Bus Pariwisata yang meluncur sendiri ketika sedang diparkir di Guci ,Tegal Jawa Tengah minggu yang lalu,kemungkinan besar karena rem tangan dan ganjel manual ban tidak kuat menahan berat mobil yang diparkir di turunan atag tanjakan ,apalagi mesin dalam keadaan hidup.

Getaran mesin yang terus menerus,kondisi jalan menurun atau menanjak,dan ganjel ban manual kurang pakem atau kurang tinggi,membuat posisi ban mobil sedikit demi sedikit berpindah atau bergeser dari posisi semula karena tak kuat menahan beban berat mobil Bus yang diparkir bukan di tempat datar.

Pengalaman saya,baik mobil kecil atau besar,masih muda atau sudah tua, matik maupun manual,jika parkir di tanjakan atau turunan,maka setelan pengaman harus berganda.

Tarik rem tangan,taruh persneling di mode Parking atau P buat matik,dan masukan persneling di gigi satu untuk mobil model manual,ditambah juga wajib mengganjal ban semua ban jika berhenti di jalan yang curam menurun atau menanjak.

Dan jangan biarkan anak kecil bermain di dalam mobil ketika sedang parkir.Jika sudah tidak darurat segera pindahkan parkir mobil ke tempat yang datar dan aman dan jangan lupa gunakan rem tangan manual.

Salam.

0 comments: