Kamis, 09 November 2023

Gerah dan Hawa Panas Jakarta Bandung

Sudah dua tahun ini aktivitas saya banyak dihabiskan di dua kota besar ini,Sabtu Minggu di Bandung dan Senin hingga Jumat jika normal tidak libur saya tinggal di Jakarta.

Sekitar Pasar Rebo dan daerah Kuningan pulang pergi,begitulah.

Di Bandung tempat tinggal di sekitar kota pada pemukiman penduduk biasa,kamar tidak ber AC karena jika musim hujan atau dingin udara tetap sejuk.

Di Jakarta,saya kurang begitu nyaman menggunakan AC,karena fasilitas saya menang tidak ada AC nya hehe.

Sudah sekitar enam bulan yang lalu kemarau panjang melanda dua kota ini,meskipun sesekali ada hujan namun hawa dan suhu udara terasa panas.

Apalagi menjelang tengah hari dan di malam hari ketika mau tidur.

Suhu udara terasa seperti lebih dari 39 derajat celsius pada kondisi tertentu.Atay paling tidak rata-rata terasa seperti di suhu 35 derajat celsius.

Bagi kami yang biasa hidup di pegunungan hawa bersuhu sekian terasa gerah sekali.Sefikit saja bergerak tubuh mengucur keluar keringat dan tidak nyaman.

Antisipasi jika suhu udara panas terus di daerah kita,usahakan tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman dingin atau bercampur es,terutama anak-anak dan ibu menyusui.

Penyakit dan gangguan kesehatan bisa terjadi pada anak dan tubuh orang dewasa yang data tahan tubuhnya belum kuat atau sedang menurun.

Cukup istirahat,jaga asupan makanan yang higienis dan bergizi,gaya hidup sehat dan cukup minum air mineral.

Tidak terlalu banyak atau menggunakan kipas angin berlebihan,karena bisa masuk angin.

Selain itu,usahakan jika mau mandi harus suhu tubuh sudah di suhu yang normal,tidak mandi selagi keringat sedang mengucur dari tubuh.

Untuk jangka panjang,mungkin model sistem sirkulasi dan ventilasi udara bentuk rumah Anda harus diperhatikan masukan angin yang baik datang ke rumah kita.

Ventilasi udara dan sistem sirkulasi udara yang baik dan tepat,akan mengurangi rasa panas di ruangan tanpa harus menggunakan AC atau kipas angin.

Tetap jaga kesehatan saudara pembaca semua.

0 comments: