Selasa, 30 Juli 2013

Film Mac Gyver: Improvisasi,Kreatif dan Cerdas

Untuk generasi seusia saya umur 40 tahunan pasti pernah atau sering sekali menonton film serial Mac Gyver yang sangat menarik.Film serial TV ini tayang sekitar tahun 1990an.

Selalu menginspirasi setiap episodenya,terutama pada bagian dimana Mac Gyver sudah seolah-olah terjepit oleh musuh-musuhnya.Nah,saat terjepit dan dalam kondisi sulit itulah,suka muncul khas solusi Mac Gyver 'berimprovisasi' dengan lingkungan untuk mendapatkan jalan keluar.Dan tentu saja menang ! Itu semua karena Mac Gyver pintar dan cerdas ber'improvisasi' melalui apa yang ada di sekitarnya.

Improvisasi dalam arti bisa kreatif dan cerdas menggunakan apa yang ada di sekitar untuk diambil manfaatnya.Bahkan untuk bisa membuat jalan keluar.

Improvisasi yang bisa saja asalnya dari hanya pengembangan imajinasi tetapi dibarengi oleh tindakan.Akhirnya bisa membantu menyelesaikan suatu masalah,terutama dalam masalah kasus per kasus atau per kejadian saat itu.

Dalam keseharian bisa saja kita mengembangkan kemampuan berimprovisasi untuk membantu memudahkan hidup.Tentu dalam hal-hal wajar saja,misalnya kalau kita sudah terlalu jenuh dengan gaya taman halaman depan rumah,coba improvisasi tambahkan atau pindahkan pot-pot bungan yang di belakang rumah,lalu atur lagi tata letaknya sehingga menghasilkan suasana taman yang baru dan tidak monoton.

Atau ketika sedang di perjalanan,jangan buang jerigen air mineral ukuran besar,alangkah baiknya jika disimpan di mobil dan diisi air bersih untuk kepentingan cuci tangan ketika berhenti di suatu tempat yang gersang.Malahan siapa tahu diantara keluarga kita ada yang sedang sakit perut,dan kebetulan ingin BAB di tengah padang gersang jauh dari sumber air,nah jadi air di jerigen tadi bisa menolong bukan,keluarga yang sakit perut bisa BAB dengan baik walau di tempat yang tak ada air mengalir?

Termasuk di rumah,taruh saja banyak barang-barang bekas sampah rumah tangga,kaleng kemasan,plastik kemasan,meja yang rusak,kursi yang rusak,atau properti lainnya bisa Anda gunakan untuk berimprovisasi dalam keseharian.

Atau dalam hal apa sajalah,kita bisa mengasah terus kemampuan berimprovisasi secara arti luas.Dengan kreatif dan sedikit kecerdasan maka kemampuan berimprovisasi kita akan bisa menambah hidup ini ternikmati lebih dari yang biasanya.

Berimajinasi,berimprovisasi yang baik akan melahirkan sifat kreatif dan akan terlihat cerdas,serta yang paling penting kehidupan Anda akan semakin ternikmati dengan apa yang sudah ada di sekitar kita.Dengan berimprovisasi kita akan bisa menemukan trik-trik yang bisa membuat keluar dari segala masalah.Bahkan bisa keluar dari masalah besar dan berbahaya sekalipun,hanya dengan trik-trik sederhana tapi cerdas hasil dari kemampuan berimprovisasi tadi.

Improvisasi dalam tanda kutip ya gan...!Maksudnya berimprovisasilah dengan hal-hal yang baik dan benar agar bermanfaat.Jangan improvisasi kepada hal-hal yang buruk,nanti malah merugikan diri sendiri.

Inilah salah satu adegan dalam film lawas Mac Gyver sebagai ilustrasi saja,saya sematkan dari youtube.com.Milik akun bernama:drahmad182.

3 comments:

Maksih Sobat Lusty...salaman hangat buat keluarga,trims selalu mampir brother...