Senin, 22 Juli 2013

Waspada Virus Corona

Secara obat untuk menyembuhkan serangan virus ini menurut beberapa sumber memang belum ditemukan,dalam arti obat yang bisa menyembuhkan hingga tuntas penyakit yang bergejala awal seperti kena serangan influenza,batuk-batuk dan sesak nafas ini.Atau nama medisnya Virus Corona Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Sesuai dengan nama ilmiahnya penyakit ini banyak terjadi di daerah atau kawasan Timur Tengah.Terutama harus diwaspadai dan dijaga ketika sedang menunaikan ritual umrah atau ibadah haji.Karena di sana tempat berkumpulnya semua umat dari seluruh penjuru dunia berinteraksi.

Cara yang terbaik adalah mencegah jangan sampai terkena wabah ini,bisa dilakukan usaha-usaha sebagai berikut,bisa diantisipasi dengan pencegahan seperti :

1.Menjaga dan memelihara terus kualitas kesehatan serta kekebalan tubuh.Misalnya dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan cukup olahraga.

2.Selalu mencuci tangan setelah beraktivitas atau pulang dari tempat umum.

3.Hindari kontak terlalu dekat dengan teman atau orang yang kelihatan sedang terkena gejala influenza di tempat tinggal ,di hotel atau di tempat umum.

4.Selalu memakai masker jika keluar rumah atau berbicara dengan orang banyak di kerumunan umum.

5.Cepat berkonsultasi ke dokter jika terasa terserang penyakit atau gejala seperti batuk-batuk filek atau influenza dan sesak nafas.

6.Cuci selalu pakaian setiap habis dipakai bepergian atau pulang dari tempat umum.

7.Jangan panik kalau sudah terkena,cepat berobat ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan terdekat.

8.Secara keyakinan (keimanan),perbanyak doa minta perlindungan kepada Tuhan.

Selamat menunaikan umrah atau haji,selamat bekerja bagi TKI khususnya TKI di Saudi.Semoga kita semua ada dalam lindungan Allah SWT selalu.


0 comments: