Jumat, 26 Juli 2013

Eid Mubarak! Maafkan Lahir dan Bathin

Sekitar belasan hari lagi kita umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Iedul Fitri, dalam bahasa Indonesia ngetop dengan nama Lebaran atau Idul Fitri.

Dalam hal ini saya tak permasalahkan tentang ejaan,saya memakai judul Eid Mubarak,atau ada yang menulis Ied Mubarak atau Id Mubarak saya artikan sama saja yaitu Ucapan selamat atau pertukaran sapa salam sesama muslim ketika menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Sama halnya dengan ejaan yang menulis Ramadan dan Ramadhan,sama sajalah artinya Bulan Puasa kalau dalam bahasa Indonesia,atau dalam bahasa Sunda suka disebut Sasih Saum.

Ketika teman saya yang Filiphina menanyakan ingin mengucapkan selamat lebaran ke saya,beliau menanyakan apa kata salamnya selamat lebaran ke kamu dalam bahasa Inggris ? (English).Setahu saya,katakan saja :” Ied Mubarak…”.Itu karena saya lihat di terjemahan umum di media Arab banyak menggunakan Ied Mubarak untuk sapa salam selamat hari Lebaran.Dan semoga saya tidak terlalu keliru dengan itu.

***
Tradisi di keluarga saya di tanah air secara pribadi,kalau menjelang lebaran atau sesudahnya selama satu atau dua pekan,suasana di keluarga masih diselimuti oleh tradisi bertukar salam.Kalau zaman dulu sebelum reformasi media dan canggih alam internet,kami suka saling berkunjung lalu ketika bertemu berangkulan,bersalaman dan saling mengucapkan Minal aidin walfaidzin,maafkan lahir dan bathin.

Bagi teman kerabat dan keluarga jauh,mengucap salam dengan Kartu Lebaran atau lewat telepon ke wartel atau numpang di telepon tetangga
.
Untuk keluarga terdekat ketika lepas shalat Idul Fitri kami suka berkunjung ke makam Ayahanda dulu,lalu ke rumah Ibu,di sanalah suka sedih dan menangis di pangkuan Ibunda.Teringat keluarga yang sudah tiada,teringat keluarga yang waktu lebaran kemarin masih bersama sedangkan saat sekarang sudah tiada.

Kalau menangis ke pangkuan Ibu karena merasa banyak salah dan belum bisa membahagiakan yang lebih kepada beliau.

Kepada adik,saudara tetangga juga berusaha kami kunjungi sekemampuan sesuai waktu tersedia.Lalu biasanya siangnya kami berkumpul,makan-makan sekalian “pamer’ atau menonton “pamer’ saudara yang mudik dari kota.Cieee…kan konon mudik itu semangatnya ada di ingin ‘pemer’ sukses loh ketika kita hidup di perantauan.

Setelah itu ya seperti biasa lagi,terasa beban di dada dan dosa-dosa terhadap sesama sedikti berkurang karena kami saling menyapa dan bertukar salam.

***
Kali ini,saya hampir dua tahun menjadi bagian dari masyarakat blogger,di sini saya mendapatkan banyak teman,sahabat,saudara,guru,dan mendapatkan banyak manfaat.Ketika sedang online di sini,saya seolah sedang merasakan di tengah keramaian hakiki di kiri-kanan saya banyak tetangga,kerabat,orang tua,guru,teman dan kenalan dan saudara yang sangat banyak.

Dalam keadaan itu,saya sebagai blogger,tentu secara langsung atau tidak langsung telah berinteraksi dengan saudara-saudari semua.Dan sudah pasti di dalam interaksi itu saya akan ada kesalahan baik yang disengaja atau tidak disengaja.Baik kesalahan dan dosa secara langsung atau tidak langsung kepada Anda sekalian.

Oleh karena itu,saya Aang Suherman dan keluarga,mengucapkan Selamat Lebaran,minal aidin walfaidzin,mohon maaf saya lahir dan bathin jika ada kesalahan saya kepada Anda semua.Selamat Idul Fitri kepada saudara sesama moslem,dan mohon maaf kepada semua teman blogger baik yang muslim maupun yang non  muslim.

Mohon maaf kesalahan saya,karena mungkin saja diantara kita,bisa saja Saya atau Anda,mungkin di Hari Raya Lebaran nanti,atau di bulan Puasa tahun depan,mungkin saja umur kita sudah tidak sampai ke Hari Raya tahun yang akan datang.

Sekali lagi dan lagi,Mohon Maaf lahir dan Bathin.

Kepada semua saudaraku yang moslem,Saya ucapkan :Selamat Lebaran,Ied Mubarak 1434 H.Kul Am antum Bilkhair.Minal aidn walfaidzin,mohon maaf lahir dan bathin.

Selamat siang dan salam sejahtera bagi saudara pembaca semua.Salam silaturahmi,salam persaudaran.

1 comments:

yang bener tuh EID pak, kalo IED dalam bahasa inggris artinya beda loh