Senin, 22 Juli 2013

Pantai Jayanthi dan Garut Selatan,Pintu Menuju ke Pulau Christmas ?

Pulau Christmas atau dalam bahasa Indonesia berarti Pulau Natal adalah wilayah Australia yang berada di Samudera Hindia,letaknya sebelah barat daya pulau Jawa.Para pencari suaka suka memanfaatkan jalur Pantai Selatan Cianjur,Sukabumi atau Garut untuk bisa mencapai ke pulau Natal tersebut.

Beberapa waktu yang lalu sudah banyak ditemukan para pencari suaka asal Timur Tengah khususnya yang masuk lewat daerah Jabar Selatan tersebut,sebagian ada yang ditangkap sebelum melaut dan sebagian ada yang sudah masuk ke perairan Australia.Lalu di pulau Christmas akhirnya mereka bermasalah dan sebagainya.

Kalau melihat medan lautan yang luas dan pulau ini terletak sangat terpencil jauh dari daratan atau pulau lainnya,tentu saja nyali mereka para pencari suaka sangat besar.Diberitakaan beberapa media masa,bahkan banyak penyusup ini membawa serta keluarga mereka.

Pihak Kapolda Jabar sudah sejak beberapa waktu yang lalu mewaspadai adanya jalur penyusupan lewat pantai selatan ini.Dan minggu ini banyak ditangkap sejumlah pencari suaka di daerah Garut, mereka berhasil diamankan petugas berwenang pemerintah RI.

Kehidupan memang kadang banyak kejadian luar biasa,seperti halnya para pencari suaka ini,mereka mampu menyusup,melampaui lautan luas dan sangat berbahaya demi mencari kehidupan yang lebih baik menurut ukuran mereka,walau mereka melanggar hukum lintas negara.Dan hal ini terus terjadi seolah tidak pernah berhenti walaupun tidak sering kasusnya tetapi para manusia-manusia perahu itu terus ada dan terus berhasil ditemukan oleh aparat kemanan negara di sepanjang lintasannya.

Semoga aparat kemanan wilayah di seluruh Indonesia menjadi tetap waspada dan semangat terus menjaga perairan dan keamanan wilayah RI.Selamat bertugas kepada seluruh jajaran TNI,Polri dari berbagai kesatuan yang dengan setia selalu menjaga ketertiban dan keamanan negeri kita Republik Indonesia.Termasuk mengamankan dan menertibkan mereka para penyusup, manusia-manusia pencari suaka yang tentu saja tidak dilengkapi dokumen resmi melintas negara kita dan atau masuk ke negara tujuan suaka mereka.

Hikmahnya,patut bersyukur kita semua yang masih bisa hidup wajar dan normal,berada di negara atau kampung sendiri dengan kehidupan yang layak dan baik.Bayangkan mereka yang terlunta-lunta mencari suaka dengan menaruhkan nyawa karena mungkin saja di negara asalnya punya masalah atau negaranya bermasalah.

Salam selamat berjuang semua kawan,sebangsa setanah air.

0 comments: