Senin, 26 Agustus 2013

Air Garam dan Khasiatnya

Mungkin saat ini pembaca sedang tidak enak Tenggorokan,batuk-batuk kecil dan terjadi pembengkakan sekitar saluran nafas bagian atas.Atau sedang dilanda gatal-gatal di kulit yang seperti terkena alergi atau gatal karena menyentuh ulat bulu?

Jika sedang terjadi demikian,atau sekitar gusi gatal-gatal dan seperti gejala panas dalam,tidak ada salahnya mencoba resep obat rumahan berikut.Khususnya bila terjadi pada saat darurat,jauh dari dokter atau apotik dan di waktu malam hari atau sedang berada nun jauh di sebuah daerah kampung sekali,karena sedang bertugas atau sedang berwisata.

Ambil satu sendok makan ukuran sedang Garam dapur,bisa garam biasa atau garam meja saja.Lalu sediakan 1 gelas air hangat,atau kalau tidak tersedia cukup sediakan air bersih saja yang sudah masak,siap diminum.Lalu kocok hingga larut semua garamnya,dan berkumur-kumurlah beberapa menit,2 atau 3 menit dilakuan berulang-ulang.Bis ajuga diminum sedikit,namun jangan air bekas kumur-kumur,tetapi air garam yang masih bersih yang diminumnya,Catatan,yang diminum sedikit saja jangan terlalu banyak,berbahaya!

Catatan lainnya,harap segera menggosok gigi dengan benar 1 atau 2 jam kemudian setelah berkumur dengan air garam.Jangan biarkan air garam menempel di gigi Anda,nanti kalau keseringan,bisa rontok giginya.Jadi segera gosok gigi setelah pengobatan berkumur-kumur dengan air garam.

Oh ya,untuk yang gatal-gatal,bisa dilakukan penyembuhannya dengan diusapkan saja ke bagian kulit yang gatal tadi,atau jika terjadi kepada seluruh badan,maka mandilah dengan memakai air garam.

Lalu,coba rasakan,karena garam diyakini akan bisa membantu menyembuhkan infeksi atau pembengkakan di sekitar mulut,gusi dan tenggorokan.Namun jika sakit berlanjut setelah 2 atau 3 hari,sebaiknya segera ke dokter saja.Itu lebih baik,karena mungkin ada komplikasi penyebab lainnya selain hanya sekedar bengkak tenggorkan atau sariawan ringan.

Selamat mencoba.

0 comments: