Kamis, 08 Agustus 2013

Ketika Putus Asa,Mentok,Kemana Kita Harus Melangkah?

Dalam hidup pasti semua manusia akan pernah salah,tidak sempurna dan banyak kekurangan.Sesuai dengan fase-fase dan garis hidup setiap orang,pasti dalam ukuran dan jenis yang berbeda,yang namanya kesialan,kecelakaan,kesedihan,dan segala keburukan lainya akan pernah melanda siapapun orang itu.

Keikhlasan dan kesabaran (sabar dan ikhlas dalam arti yang baik tentunya) adalah obat dari segalanya,untuk lantas tidak menjadi depresi atau stress.

Gede Prama tokoh motivasi spiritual menyarankan,bahwa ikhlaslah dalam menerima semua hal buruk atau kesialan dalam tahapan hidup kita.Dan harap selalu ingat kita harus selalu terus tumbuh,terus hidup dan bertahan,salah satu caranya yaitu dengan menerima semuanya dengan ikhlas.

Lalu jika dalam keseharian dan berbagai urusan menemui masalah,menemui jalan buntu,mentok bahkan rugi dan celaka (dalam arti kiasan atau arti harfiah),pasti secara manusiawi semua orang akan pernah merasa :putus asa,lemah semangat,down,dan kadang gelap gulita.

Kemanakah kita seharusnya melangkah dan pergi...?

Lebih lanjut Gede Prama mencerahkan,diterjemahkan oleh bahasa penulis,"....maka pergilah engkau ke guru-guru yang suci,ke tempat-tempat yang suci,pergilah engkau ke buku-buku suci,pergilah mencari dan menimba ilmu-ilmu suci dan lurus....!".Karena dari sanalah akan kita akan menemukan titik terang dari semua kebuntuan masalah yang dihadapi.

Dari sanalah kita akan melihat hakikat masalah itu,dan titik-titik terang akan muncul seiring dengan semakin kaya dan dalam pengetahuan serta ilmu spiritual diri kita.Sekaligus akan memberi tenaga baru,akan menghadirkan vitamin-vitamin dan energi kehidupan kembali dari semua hal yang suci dan lurus contoh di atas tadi.

Praktisnya,jika kita saat ini sedang mengalami stress dan kebuntuan dari pemecahan masalah hidup,hal apapun,entah itu masalah cinta,asmara,bisnis,hutang piutang,dan sebagainya,maka bijaksana sekali jika kita segera 'pergi' ke Buku-buku suci,guru-guru suci,ajaran-ajaran yang suci serta lurus,singgah pula ke tempat-tempat suci.

Kalau boleh saya sempitkan maksud 'semua hal yang suci di atas',carilah pencerahan diri dengan mencari dan mendalami ilmu-ilmu tentang keyakinan Anda,tentang kepercayaan spiritual kita,bacalah lagi kitab-kitab suci agama kita,masuklah ke lingkungan perguruan agama kita,kunjungi tempat-tempat suci agama kita,teruslah berenang dan menyelam di dunia ilmu dan lingkungan suci dan lurus,sesuaikan dengan agama dan kepercayaan pembaca sekalian.

Teknisnya,browsinglah di mesin pencarian Anda tentang artikel-artikel dengan kata kunci pencerahan,kesehatan jiwa dan keyakinan,bacalah buku-buku tentang pencerahan dari berbagai sudut pandang,pergilah ke orang-orang yang baik dan lurus serta soleh serta jadikanlah mereka guru-guru spiritual Anda,perbanyak berinteraksi dan bergaul dengan lingkungan yang positif dan hal lainnya semacam itu.

Pasti akan menemukan jalan-jalan pencerahan pemecah masalah di dan dari sana.

Terima kasih,salam hangat.

Terinpirasi dari : artikel-artikel Gede Prama di blogdetik,dan pengalaman diri sendiri.

0 comments: