Kamis, 15 Agustus 2013

Ramah Tamah Khas Warga Selatan Cianjur

Ramah tamah khas etnis Sunda yang kental masih akan banyak didapatkan dari warga sepanjang perjalanan ke Cianjur selatan.Keakraban dan kehangatan persaudaraan,bahkan beberapa keluarga sangat terbuka dengan tamu yang baru dikenal sekalipun.

Malahan jika kebetulan perjalanan kita kemalaman dan turun hujan lebat,tidak sedikit akan ada warga yang dengan sukarela mengizinkan untuk menumpang tidur di rumah mereka.Tentu saja setelah mereka tahu siapa kita,berkenalan dan ngobrol di awalnya.

Biasanya mereka sangat menghormati tamu yang sopan santunya bagus,dan tidak jumawa atau sombong sebagai pendatang berlagak orang kota misalnya.Jika kita sopan dan sikap tetap terjaga menghargai mereka warga sepanjang jalan ke sana,maka kita ttidak akan kesusahan untuk sekedar minta bantuan mendorong mobil atau motor mogok sekalipun.

Di setiap persimpangan jalan desa maka akan berkumpul group-group jasa angkutan ojeg selama 24 jam.Jadi jika Anda bermasalah di jalan pada waktu malam,sebelum minta bantuan polisi ,maka meminta bantuan ke sekitar pangkalan ojeg terdekat pasti selalu ada yang sedang shift malam atau ojeg 'ngalong' (begadang),dan mereka akan dengan sigap membantu kesulitan kita.


0 comments: