Kamis, 23 Februari 2023

Mandi di Mata Air Kajayaan dan Kahuripan

Kejayaan disini berarti adalah keabadian,atau dalam bentuk fisik awet muda dan tetap kelihatan bugar hingga tua,penampilan menarik dan kulit tidak cepat keriput.Penampilan jadi awet muda.

Atau bisa juga yang bernasib menjadi karyawan atau pegawai pemerintah misalnya,pangkat dan jabatan bisa sampai ke pangkat tertinggi yang bisa dia raih sesuai suratan takdir dan nasib masing-masing.

Awet muda bukan berarti sudah tua tetap seperti remaja,tentu akan norak jadinya,sudah kakek-kakek wajah dan kelakuan masih seperti anak keci,tentu tidak eloklah,malah kesannya jadi tidak normal.

Awet muda secara fisik penampilan yaitu ketika usia sebenarnya tidak terlihat tetapi fisik biasanya sepuluh hingga 15 tahun kelihatan lebih muda darii usia sebenarnya.

Di tanah Jawa,dan Pasundan atau Jawa Barat banyak ditemukan mata air yang dianggap dan diyakini bisa membuat tubuh manusia jadi kelihatan awet muda.

Biasanya terletak di lokasi petilasan-petilasan padepokan orang saleh atau bekas orang sakti,orang kita suka menyebut petilasan wali,atau di situs-situs bekas Istana kerajaan zaman baheula,di lingkungan Istana raja dan atau di lokasi tertentu lainnya tidak sedikit yang akhirnya dianggap sumur keramat.

Di beberapa tempat malah ada yang dikeramatkan lengkap dengan juru Kunci atau Kuncennya dan dikelola sebagai destinasi tujuan wisata ziarah.

Untuk bisa menggunakan air kejayaan tersebut,kita bisa datang langsung ke lokasi dan menemui kuncen atau pengurus lokasi setempat.

Jangan heran di tempat demikian kemudian muncul banyak pengurus lokal membuat acara ritual tertentu,baik ritual yang memang sudah ada sejak dahulu sampai kepada ritual yang diciptakan baru untuk lebih menyakralkan dan menjaga kekeramatan lokasi mata air kejayaan berada.

Dan mohon maaf,di tempat begitu suka banyak juga oknum yang melakukan penipuan ,jadi hati-hati juga jika sedang di tempat demikian.

Jika kita mau berkunjung ke tempat demikian,hendaklah menemui Kuncen yang asli dan atau pengurus resmi.

Pada intinya,ritual di mata air kejayaan dimanapun ada dua macam aktivitas yang umum dilakukan,yaitu mandi seluruh badan dan meminum air kejayaan tersebut sesuai adat dan tatacara masing-masing.

Percaya atau tidak?

Itu semua terserah Anda,pantauan dan pengalaman penulis sewaktu masih muda,20 atau 30 tahun yang lalu pernah mandi di sebuah sumber mata air kejayaan di suatu tempat di Jawa Barat  Selatan.

Dan pengalaman membuktikan bahwa memang penulis menurut yang pro saya,kelihatan usia 40 tahun padahal sudah 50 tahun...hehe...! 

Entahlah,apakah dari sumber airnya yang memang mengandung zat atau bahan yang bisa menghambat penuaan,beberapa orang teman penulis atau orang tua dan kerabat saya pun,banyak yang awet muda karena dulunya mereka suka ziarah ke tempat itu.

Kearifan lokal,adat istiadat,kebiasaan dan budaya lokal kita memang sangat kaya dan luhur.

Secara logis dan ilmiah mungkin air tersebut mengandung bahan atau semacam kandungan mineral tertentu yang bisa membantu membangun kembali sel tubuh yang rusak atau lemah.

Tidak sedikit ada penyakit tertentu bisa sembuh hanya dengan mandi atau minum air dari sumur semacam itu.

Jadi,kearifan lokal yang bermanfaat sudah selayaknya dibantu untuk pelestariannya,termasuk manajemen pengelolaannya agar tetap lestari dan semakin banyak bermanfaat untuk alam semesta.

Anda mau mencoba...?

Itu semua terserah Anda...selamat beraktivitas,semoga sukses dan bahagia kita semua.

0 comments: