Senin, 30 Oktober 2023

Berita,Internet dan Zaman

Saat ini 2023 akhir,berita dan kabar bisa didapatkan dalam hitungan menit atau bahkan detik.

Kabar di satu ujung dunia nun jauh di antah berantah,bisa kita dapatkan bahkan dalam gambar bergerak,bukan hanya video tetapi langsung live,subhanallah perkembangan teknologi informasi begitu pesatnya maju dan semakin canggih 

Bersyukur saya masih hidup di era ini.

Tidak hanya berita penting tentang politik dan ekonomi dunia,bahkan perang pun bisa ditonton live...mengerikan,tanpa sensor bebas bagi siapa saja yang mengakses,tetapi berita sepele sehari-hari,kejadian alam sehari-hari,seni,budaya dan bahkan berita khayalan,bohong,fitnah,karangan,dan sebagainya saat ini sangat mudah saja kita saksikan.

Di rumah,...

Anak-anak tak bisa lagi kita saring jenis tontonanya,balita saja sudah bisa nonton film atau tayangan yang pantas maupun yang kurang pantas seumur mereka.

Banjir informasi,banjir tsunami konten,gimana lagi ini sudah zamannya.

Disitu ada akses internet,maka di situ akan bebas saja orang mau lihat konten apapun.

Benar-benar suatu tantangan yang berat bagi semua kalangan terutama orang tua dan pendidik untuk bisa beradaptasi cara dan ilmu mendidik anak-anaknya.

Ini dan itu semua tak bisa ditolak dan harus maju,termasuk harus ikut larut di dalamnya kalau kita ingin tetap ada.

Hal sederhana saja contohnya,tukang ojeg pangkalan zaman awal hadir ojeg onlen terjadi penolakan dan bahkan bentrok,intinya menolak perubahan....tetapi desakan kemajuan teknologi tak bisa dibendung..ojeg konvensional perlahan kalah,hampir punah dan pasti harus mau ttudaj mau akan tergerus oleh zaman,jika tak ikut onlen ojeg kuno akan punah dengan sendirinya,tidak akan dapat penumpang lagi,dan lama kelamaan akan bangkrut punah dengan sendirinya.

Itu terjadi sekitar tahun 2015 hingga 2020anSebagian ojeg yang maju ikut daftar ojeg onlen dan eksis sampai sekarang,tetapi tidak sedikit ojeg kuno yang tak mau teknologi akhirnya bangkrut tak dapat penumpang.

Saat ini contoh lain misalnya,pedagang konvensional entah bertahan berapa tahun lagi jika pasar online terus merangsek keberadaan mereka.

Market place dan semacamnya di onlen mulai merebut pelanggan dari pedagang kuno konvensional.

Meskipun perlahan ,tapi pasti suatu saat pedagang konvensional akan kalah juga diganti oleh kios dan toko online di masa mendatang 

Itu baru hal sederhana belum hal-hal canggih lainnya efek kemajuan ilmu dan teknologi di berbagai bidang yang didukung oleh kehadiran internet dan semacamnya,merubah peradaban dunia 

Mari kita bijak menyikapinya.Dan mau tidak mau kita harus ikuti semua perkembangan zaman ini dengan bijaksana.

0 comments: