Selasa, 24 Oktober 2023

Meditasi Sederhana untuk Menenangkan Pikiran

Manfaat dan efek positif meditasi sudah banyak dibahas para ahli,penulis mencoba melakukan meditasi paling sederhana yaitu mencoba mengatur nafas,menyadari ketika sedang proses bernafas dan diam.

Belum sampai ke level.lebih tinggi,saya coba dengan santai tanpa target apapun,kosong saja,bernafas dan berusaha menyadari aktivitas bernafasnya.

Pikiran bisa liar kemana- mana,tapi berusaha saya kumpulkan untuk belajar merasakan.

Rasa.....?

Yah itulah,ketika nafas dilakukan secara meditatif,dalam tingkat iseng dan sederhanapun rasa mulai muncul...merasakan masuknya oksigen,udara,dan merasakan menyadari nafas keluar dari hidung untuk kembali ke alam bebas dan kemudian dihirup lagi.

Baru tingkat iseng begini saja sudah beraasa manfaatnya.Pikiran dan tubuh terasa segar dan hati atau perasaan mulai tersentuh merespon apa yang saya lakukan disadari walau mungkin ini masih dalam level rendah.

Meditasi yang lebih rumit dan baik tentu bisa dicari dari berbagai sumber dan guru yang ahli.

Namun paling tidak kita bisa mencobanya berawal dari konsentrasi lima atau sepuluh menit untuk menikmati proses bernafas saja sudah banyak manfaat yang terasa oleh tubuh dan pikiran bahkan sudah bisa belajar menikmati.

..,bersambung ya,kawan...

0 comments: