Senin, 08 April 2013

Hong Shui: Sampah Adalah Sumber Hawa Buruk dan Sial

Banyak jenis sampah sebenarnya,bisa sampah dalam arti harfiah atau hanya sampah dalam arti istilah saja.Ada sampah rokhani juga ada sampah lahiriah yang terlihat secara kasat mata.Sampah yang dimaksud di postingan ini adalah : sampah rumah tangga.

Sampah rumah tangga terdiri dari barang atau sesuatu yang sudah rusak,basi,tidak terpakai dan kotor yang dibiarkan keberadaannya.Bisa berbentuk debu,barang bekas,koran bekas,buku bekas yang tidak terawat,alat-alat rumah tangga yang sudah rusak,pakaian kotor,sisa makanan,pokoknya semua benda atau sesuatu yang bernilai sampah-lah.

Dan celakanya,sampah rumah tangga ini akan selalu dihasilkan oleh sebuah rumah tangga,baik rumah yang ditempati atau rumah kosong.Debu yang menempel tebal di bawah tempat tidur,kotoran dibalik lemari pakaian,di bawah meja kompor dan alat masak,di balik pintu,di bawah meja hias,di ruang tamu dan di mana saja,pasti sampah atau kotoran akan selalu ada.

Menurut hong shui,sampah termasuk benda yang menghasilkan aura atau hawa buruk,yang akan berakibat buruk pula kepada penghuni atau manusia yang berada di dekatnya.Ilmu kesehatan juga bilang bahwa sampah dan kotoran adalah sarangnya berbagai sumber penyakit,bakteri berbahaya serta kuman yang sangat merugikan bagi kesehatan dan keselamatan jiwa.

Dalam agama Islam,kebersihan disebutkan sebagai bagian daripada Iman,dalam hal ini bisa dimasukan arti bahwa jika seseorang tidak memperhatikan kebersihan diri dan lingkungannya atau jorok,maka belum sempurna Imannya orang itu secara Islam.Sebagian keterangan dalam nilai Islam juga ada yang menyatakan,bahwa sampah atau tempat-tempat kotor adalah sebagian dari sarangnya Setan.

Dari semua keterangan sederhana di atas,sampah adalah sumber keburukan,sumber penyakit,sumber kesialan dan sumber kerugian.Bagaimana tidak rugi jika penghuni yang rumahnya jorok,banyak sampah,malas bersih-bersih pasti akan banyak mengidap berbagai penyakit.Dan tubuh berpenyakit tak akan bisa berbuat atau bermanfaat lebih banyak bukan ?

Orang yang sakit karena jorok,jangankan bisa bermanfaat bagi banyak manusia,untuk mengurus dirinya sendiripun sudah repot.Orang yang sakit-sakitan karena jorok,maka tidak akan konsentrasi penuh kepada bisnis atau pekerjaannya,produktivitasnya akan menurun dan perlahan-lahan lemah tidak berdaya.Bukankah semua itu adalah bentuk "kesialan"?

Masuk akal sekali jika sebuah rumah yang bersih,bebas sampah,selalu membuang dengan cepat barang rongsokan yang akan membuat hawa buruk jauh-jauh,membersihkan mulai dari kamar tidur hingga halaman rumah dan lingkungan.Diyakini oleh berbagai teori dan kenyataan,jika sebuah lokasi dan rumah yang sehat,bersih,rapi teratur dan bebas sampah seperti ini,maka tempat tersebut akan indah dipandang,enak dinikmati dan banyak membawa hoki.

***

Dalam hal sampah ini,hong shui membidik lebih detail tentang sampah yang akan membawa hawa sial dan buruk kepada penghuni sebuah rumah atau bangunan.Misalnya,Hong shui menyatakan,bahwa jangan ada sisa tumbuhan yang mati bekas ditebang atau runtuh di halaman atau taman depan rumah Anda! Bersihkan,segera gali akarnya dan buang,ganti pohon baru atau tutup dengan tanah yang segar.Karena kalau tidak segera dibuang akan selalu banyak kesialan kepada usaha penghuni rumah tersebut.

Atau jika ada pohon dan bunga yang sudah kering,layu akan mati di taman depan rumah Anda.segera buang atau pangkas dan ganti dengan yang segar dan baru.

Bekas tebangan (bs.sunda= Tunggul),pohon atau pohon yang layu setengah hidup di taman jika dibiarkan,akan banyak bahaya bagi keselamatan.Kata hong shui akan menebar hawa buruk,secara logika bisa saja tanah bekas tebangan pohon akan keropos di struktur tanah di bawahnya,lalu bangunan akan bisa roboh atau Anda terperosok di taman ketika sedang menyiram bunga.

Pohon yang setengah layu harus dibuang,logikanya bunga atau pohon setengah layu dan akan mati ,seolah memancarkan keputusasaan,tidak indah dipandang,dan identik dengan dekat pada kematian.Mati semangat hidup kita.Atau yang jelas,jika pohonnya tinggi dan besar,mengapa harus segera dibuang,tentu saja jika runtuh suatu waktu datang hujan angin yang kencang,berbahay bagi keselamtan keluarga.

Barang-barang tua dan rongsokan teronggok di garasi atau dapur,mengapa harus dibuang? Karena barang-barang kotor yang disimpan lama akan membuat debu betah di sana,tikus bisa bersarang pula,dan bahaya penyakit pes (bisulan) karena kutu tikus bisa terjadi.Alamatnya,ya sakit,kalau sakit ya sial dong,pengeluara akan bertambah dan pikiran tambah repot.

Masih banyak lagi misal seperti contoh sederhana di atas,intinya kebersihan merupakan syarat utama untuk selalu mengundang hawa baik di rumah dan keluarga kita.Lalu buanglah sampah segera mungkin,segala macam sampah baik sampah lahiriah maupun sampah rokhani kita.

Selamat malam semua,salam berbagi pengalaman.

0 comments: