Sabtu, 06 April 2013

Santet atau Sihir dan Akibatnya

Melihat informasi dan berita santet akhir-akhir ini.Misalnya yang sedang santer isue santet di media saat ini,ada seorang artis yang bilang beliau salah satu korban santet seseorang,lalu di pihak yang dituduh menyatakan bahwa apa yang dikatakan artis tersebut tidaklah benar,mereka bukanlah tukang santet seperti yang dituduhkan.

Lalu ketika sebuah rancangan KUHP ada pasal santetnya,maka beberapa kalangan menyebutkan,pasal santet masih dikaji untuk disahkan sebagai isi UU,karena secara hukum pembuktian santet sangat sulit dibuktikan.Masih terjadi polemik dan masih terus digodok ahlinya.

***
Saya pernah mendengar dan melihat di kenyataan yang diduga sebagai akibat santet,dasarnya bahwa kita yakin dulu bahwa santet,teluh,tenung atau kalau Islam (bhs.Arab) menyebutnya sihir,memang ada.Yaitu sebuah ilmu yang kekuatannya berasal dari setan atau jin jahat yang digunakan oleh manusia.Kekuatan gaib yang tidak bisa dibuktikan secara hukum atau tidak selalu kelihatan oleh mata bukti pelakunya.

Tetapi akibatnya bisa dirasakan dan dilihat dalam kenyataan.Sebagai contoh :

1.Ada sebuah warung makanan atau restoran yang entah apa sebabnya setiap memasak hasil dari masakannya selalu cepat basi dan berbau jijik dengan rasa tidak enak,hambar di lidah para pengunjungnya.Padahal masih dimasak oleh koki yang sama,resep yang sama dan aturan masak standar yang sama.

2.Seseorang yang merasakan sakit di anggota badannya,seperti menderita penyakit dalam,sesak nafas atau sakit perut dan sebagainya.Namun,ketika diperiksa secara medis dan di foto rontgen semua organ tubuhnya sehat-sehat saja.

3.Seseorang yang ketika di rumahnya sakit-sakitan,seakan anggota badannya parah dan sakit keras,namun ketika sudah tiba di Rumah Sakit,malah semua badannya sehat dan hanya diopname 1 atau 2 hari sehat bugar seperti biasa,tetapi ketika dibawa ke rumahnya jatuh sakit lagi parah bahkan bisa sampai meninggal dunia.Ini terjadi beberapa kali berkunjung ke rumah sakit.

4.Kehidupan suami isteri yang sedang bahagia-bahagianya,dengan ujug-ujug suaminya impoten atau isterinya menjadi dingin tidak mau melayani secara seksual dalam hubungan suami isteri.Padahal secara medis dan psikis semuaya mereka sehat.Maka tidak sedikit yang akhirnya keluarga mereka berantakan,bercerai karena satu hal itu,yang diperkirakan dari akibat santet.

5.Bisnis atau usaha yang sedang dijalankan oleh seseorang,namun pengusaha atau keluarganya terus saja dilanda sakit-sakitan,sehingga waktu dan keuangan pengusaha itu tersita oleh mengurus penyakitnya,maka akhirnya bangkrut dan sakitnya mereka sungguh tidak masuk akal secara ilmu kesehatan dan medis.Berpenyakit yang aneh-aneh.

6.Isteri atau suami tidak betah di rumah,seakan di rumah itu ada hawa panas yang membuat semua penghuninya sial terus dan inginnya selalu bertengkar.Rumah tanggapun awet rajet,karena hawa panas santet yang telah mmepengaruhi semua lokasi dan tubuh keluarga.Akhirnya tidak sedikit yang keluarganya bercerai berai dan hancur.

Dan sebagainya,beberapa kejadian dan situasi yang diperkirakan,diduga sebagai kondisi akibat adanya pengaruh santet atau sihir dari orang lain.

Dan itu semua ,sukar dibuktikan dengan nyata,apalagi dibuktikan secara hukum.Akhirnya banyak yang keliru dan menambah rancu,suka berobat ke orang yang kurang tepat.Yaitu misalnya ke orang-orang yang mengobatinya dengan cara melawan oleh kekuatan setan lagi.Akhirnya status mendekati musyrik bagi seorang muslim sangat mudah terjadi.

Mengobati Sihir menurut Islam adalah mengobati dengan cara rukyah yang sesuai syariat Islam.Yang jadi masalah saat ini,bagi saya terutama,kita suka sukar menemukan orang yang tepat yang memang benar-benar ahli dan sesuai syariat dalam praktek pengobatannya.Mengobati dengan cara sesuai syariat,tidak mengbati dengan cara musyrik.

Untuk hal ini,saya sendiripun masih susah membedakan dan menemukan orang yang ahli dan sesuai syariat mengobati akibat sihir ini.

Barangkali ada pembaca yang ingin berbagi tentang topik ini,silahkan kirim komentarnya gan.Salam berbagi.

0 comments: