Minggu, 21 April 2013

Konten yang Menghujat Agama atau Keyakinan

Bagi pemeluk suatu agama atau kepercayaan,sebadung apapun atau bukan orang alim sekalipun jika masalah agama dan kepercayaannya dilecehkan atau dihujat maka darahnya akan medidih satu perasaan sejumlah umat.Marah dan geram kepada si penghujat.

Apalagi sudah sampai ke kriteria menistakan agama,baik secara langsug atau tidak langsung.Umat agama manapun pasti akan marah bahkan akan mengejar si penghujat sampai kemanapun.Penghujat dan penista agama dari sejak internet muncul sudah banyak blog atau konten yang melecehkan.Terutama dibuat oleh yang (maaf) pembuatnya tidak dengan akun asli.

Dewasa ini yang sedang hangat kita saksikan adalah munculnya video oknum siswa salah satu sekolah di Sulteng.Mereka menari dengan membaca salah satu surat di kitab suci dan memperagakan gerakan salat dicampur menari.Meskipun sebenarnny jika melihat sepintas ,ini hanyalah buah keisengan anak-anak ingusan yang keterlaluan.

Di lain ranah di sebuah blog komunitas,ada yang sedang hangat konten yang dinilai teman-temannya sebagai pelecehan kepada agama tertentu.Maka seperti biasa,ramailah jagat dunia persilatan di sana.Yang pro dan kontra banyak memperbincangkan.

Dan karena pembuatnya sudah meminta maaf,lagian itu dikemas dalam sebuah cerita fiksi,yang nota bene fiksi adalah fiksi,bebas saja karena fiksi identik dengan "khayalan' saja.Tetapi meskipun fiksi bebas,mbokya jangan sampai melecehkan masalah kepercayaan,agama siapapun.Berbahaya dan sangat rentan serta sensitif sekali kepada konflik bahkan sampai bisa mengancam keselamatan diri.Para pemeluk agama fanatik akan mengejar Anda sampai di kenyataan.Mungkin saja toh.

***
Sebenarnya,hujat menghujat di ranah blog sudah hadir sejak dulu,saya yang mengenal blogging baru-baru ini saja,sekitar tahun 2006 an.Dimana jejaring sosial belum seramai sekarang,facebook saya pertama kali waktu itu hanya berteman 15 orang saja,karena jika saya online pun harus ke warnet.Lalu Yahoo Masenger sayapun hanya berteman 5 orang saja.Belum ramai blog komunitas,apalagi saya waktu itu hanya sebagai netter kadang-kadang saja.

Namun pernah mendengar dari teman-teman,katanya ini ada link alamat blog yang hebat menghujat agama saya.Ternyata setelah dibuka memang isinya hujatan-hujatan bahkan penistaan kepada agama yang dipeluk saya.Waktu itu semua yang membaca marah dan geram,namun apalah daya akunnya akun palsu.

Karena waktu itu tak seramai sekarang,interaksi komentarnya tidak terlalu banyak respon di bawah konten hujatan.Tetapi semua publik internet tahu alamat itu.mungkin pembaca juga tahu,mohon maaf enggak saya muat di sini.

Lain lagi dengan zaman sekarang,jika ada konten yang menghujat,meskipun kadang gampang segera dihapus,tetapi banyak rekan pembaca yang sudah dengan cepat mengcopy paste artikel hujatan.Bahkan beberapa orang sudah dengan cepat membuat file PDF nya.

Hikmahnya,memang layak hati-hati kalau menulis dengan soal keyakinan atau agama siapapun.Meskipun tulisan di media online bisa segera dihapus ketika menuai pro kontra,tetapi siapa tahu bagi aparat hukum dan orang yang perhatian pasti akan segera mengcopy tulisan hujatan kita dengan cepat,misalnya.Bahkan menyimpannya dalam file sejenis PDF dan semacamnya.

Meskipun di media online sudah dihapus,tetapi misalnya jika diperlukan penyelidikan secara hukum masih bisa diteruskan,dengan barang bukti file yang sudah dengan cepat didokumentasikan khalayak pembaca.

Semoga kita semua selalu dibimbing Tuhan setiap waktu.Salam berinteret sehat kawan semua,Salam silaturahmi.

0 comments: