Rabu, 02 Januari 2013

Kredibilitas dan Tulisan Berita di Blog Ini

Curhat pengelola :

Untuk kesekian kalinya saya sebagai pengelola blog ini akan selalu berkata,bahwa ada topik yang berlabel "berita" pada kategori koleksi postingan di sini.Namun "berita' yang saya maksud bukan "berita' yang akan sama dengan postingan "berita asli".Seperti halnya tulisan berita yang dimuat di portal-portal berita khusus yang berdasarkan laporan aktual dari para reporter,kontributor atau wartawan dan kemudian ditayangkan setelah diedit seorang editor.

Berita macam di portal berita terkemuka dan terpercaya sudah pasti berisi tulisan yang baku,dan harus serta wajib memenuhi semua kaidah tentang menulis berita.

Tulisan berita di lapak ini,kaidah dasar sebagai syarat tulisan berita,tetap akan saya pakai.Misalnya yang aktual,fakta,dan hasil dari melihat atau mendengar dari sumber utama,menyaksikan oleh mata kepala sendiri dan sebagainya.Meskipun nantinya akan ada opini pribadi juga saya masukkan di dalamnya.

Saya hanya memilih kata labels"berita',untuk membedakan saja,antara tulisan yang murni opini saya pribadi dengan tulisan yang "bernada berita,laporan,kutipan dan sebagainya",yang bisa saja sumber tulisannya saya ambil dari berbagai sumber.

Meskipun postingan "berita' di blog ini bukan bentuk tulisan berita asli sebagaimana seharusnya bentuk berita,yang sesuai dengan kaidah menulis berita baku yang sesungguhnya.Karena ada opini dari penulisnya,tetapi saya berusaha dan berkomitmen akan selalu menjaga salah satu syarat sebuah "berita" yang benar dan baik,yaitu "Menjaga Kredibilitas" (Perihal dapat dipercaya)..!

Ya,saya akan selalu menjaga "kredibilitas' semua tulisan karya saya,terutama yang berkategori "berita' di blog ini.Insya Allah.

***

Blog ini "bernadaindo.com".Bukan blog portal berita,walau format templatenya seperti portal berita.Ini sudah saya tulis beberapa kali di postingan curhat admin sebelumnya.

Misalnya,saya saat ini sedang berada di Riyadh.Ibu kota Kerajaan Saudi Arabia.Jika saya mau memuat berita yang kurang kuat,maka akan banyak setiap harinya saya bisa menulis berita sekitar Riyadh.

Namun sekali lagi,saya tidak berani menulis 'bahan berita' itu.Karena saya kurang data,kurang sumber dan banyak keterbatasan,seperti batasan waktu untuk cek ricek sumber utama,batasan juga harus menghormati adat di Riyadh,misalnya adat di sini "yaitu : akan dipandang suatu ke-aib-an atau keburukan jika ranah pribadi  orang lain,dipublish atau kita ekpose ke muka umum".

Jadi,meskipun saya punya bahan untuk berita,dan cukup unik,menarik untuk ditulis,namun saya suka boak-balik berpikir  untuk menulis atau tidak.Saya takut (bukan pengecut),berita yang saya tulis akan menjadi masalah karena memuat sesuatu "yang dianggap Aib (buruk) oleh warga sini,Riyadh".

Saya bukan takut,tetapi memprioritaskan keselamatan semua pihak,hanya untuk kepentingan sebuah blog pribadi saja toh,hehe..!Dan yang utama,saya menghargai sekaligus menghormati adat negara mereka,Saudi!

Misalnya,kita punya foto atau bahan yang unik tentang peristiwa sehari-hari di sekitar saya.Tetapi ada gambar rumah orang sini,atau ikut "terfoto' seorang wanita Saudi,isteri orang Saudi,atau tershooting halaman rumah orang.Dan itu semua adalah aib bagi warga sini (Sosio kultur Saudi umumnya).Dan itu berbahaya bagi yang menulisnya,bisa dimarahi secara langsung di lokasi atau malah bisa dituntut membuka aib di ranah hukum.

Atau ada peristiwa apa saja,saya tidak bebas menulis dan memuat di sini.Saya menghargai adat dan budaya di tempat domisili saat ini,kota Riyadh,Kingdom Of Saudi Arabia.

***
Kembali ke kategori "berita" di blog ini.Meskipun isinya pasti ada opini saya di setiap postingannya,tetapi insya Allah,saya akan selalu menjaga "kredibilitas' isi postingan yang saya muat yang saya beri label "berita" itu.Insya Allah.

Selamat siang.

0 comments: