Sabtu, 02 Maret 2013

Usaha Kecil,Hati-hati dengan Sifat Tamak

Tamak disinyalir oleh para ahli bisnis bisa membahayakan perjalanan usaha seorang pengusaha kecil atau bahkan yang hanya baru berstatus pedagang sekalipun.Pembaca tahu sendirilah,definisi dan perbedaan antara apa itu pengusaha dan apa itu pedagang tentunya.

Biasanya ketika usaha kita sedang hoki dan beruntung,maka nafsu untuk berinvestasi dan mengembangkan usaha jadi suka over dosis.Over semangat,terlalu menggebu dan bahkan sering tanpa perhitungan masak.Buka cabang dimana-mana,buka jenis usaha baru,membeli item yang serabutan dan sebagainya.Bahkan menumpuk Hutang dengan alasan menambah modal karena terlalu percaya diri,bahwa di usaha induk kita selalu beruntung.

Pengembangan usaha ya,tidak salah-salah amat,terutama bagi pelaku usaha masih kecil,tetapi saya sarankan,sesuai pengalaman maaf bukan menggurui lho gan ! Hehe,untuk tidak terlalu "tamak' dahululah.Kuasai nafsu "tamak dan serakah' dengan menguatkan dulu perusahaan yang sedang beuruntung tadi.Fokuslah terus dahulu di usaha utama kita sampai jadi perusahaan yang statusnya "sehat'.Perusahaan sehat.

Jika nanti terlalu cepat memperbanyak cabang,terlalu banyak biaya,waktu dan tenaga yang harus kita keluarkan dari keperluan energi usaha sebelumnya.Iya kalau mampu dan terkerjar semua target,tetapi kalau mogok karena terlalu banyak kerjaan dan tidak tuntas,konsentrasi yang buyar dan kelelahan ? Maka   bisa jadi,bukan usaha malah melebarkan sayap dan berkembang,tetapi bisa menyedot juga investasi di usaha pokok dan utama kita.

Sedikit bersabar dan perhitungkan dengan matang,jika mau membuka dan melebarkan sayap usaha baru bisnis kecil kita.Insya Allah,alon-alon asal kelakon,tetapi perhitungannya mantap.

Lha,saya sendiri belum bisa berhasil gan ? Yaitulah,dulu sekali saya pernah "tamak' ketika sedang merintis usaha kecil saya,dan ternyata bangkrut semuanya.Ha....dan sekarang bisa berbagi dengan anda.Semoga bermanfaat.

Jangan tamak (greedy) dulu,sabar dan terus melaju dengan mantap serta fokus di usaha utama saat ini,perlahan tapi pasti itu lebih baik,untuk memajukan dan mengembangkan usaha kecil kita.Nanti jika semua hal sudah matang dan mantap,baru kita bisa mengembangkan dan memperbanyak perusahaan kecil kitaDaripada grasa-grusu tanpa hitungan matang,akhirnya serakah dan kacau balau semua usaha kecil kita,akhirnya bangkrut sampai ke usaha pokok dan utama yang sedang berjalan.

Salam semangat berwiraswasta.

0 comments: