Kamis, 28 Maret 2013

Bangsat Kampung Tak Cukup dengan Hanya Didakwahi Saja

Banyaknya peristiwa kriminal pencurian dan pemerkosaan di daerah-daerah bisa kita simak hampir setiap hari selalu terjadi.Di daerah Cianjur misalnya,kasus pencurian sudah sejak dulu menjadi momok menakutkan bagi para pelaku usaha kecil maupun besar,termasuk menjadi bayangan ketakutan bagi semua warga.

Seperti diberitakan situs kabarcianjur.com kemarin, terjadi pencurian di sebuah rumah  disertai pemerkosaan kepada anak usia 9 tahun,sebelumnya ada kantor pemerintahan yang disatroni juga,kantor desa,kecamatan,bahkan beberapa mini market,toko dan warung-warung sering terjadi dimasuki bangsat juga.

Sedikit yang bisa diberitakan,padahal kasus pencurian-pencurian kecil bisa saja lebih banyak dari yang tercium para jurnalis dan diberitakan.

Tidak heran dimana banyak terjadi warung kecil disatroni maling,dikuras habis barang-barangnya sampai minyak sayur kiloan ukuran seperempat kilo juga diembat,Bahkan beberapa tahun silam pernah ada bangsat yang sempat makan-makan dahulu di dapur rumah korbannya.Semua barang diambil sampai beras dan bahan makanan sehari-hari.

Penipuan,pencurian motor,mobil dan barang-barang logam lainnya juga banyak terjadi.Secara kenyataan,kondisi keamanan di kampung kita saat ini,pada umumnya tidak aman!

Masih belum percaya? Coba anda tertinggal Hp di wc umum,atau lupa tergeletak di teras 2 jam saja,maka dipastikan barang kita akan raib diembat maling.Atau kita punya khewan ternak domba,kambing,sapi atau kerbau dan ayam,sesekali pasti kandang ternak Anda akan dimasuki maling.Apalagi kolam ikan yang tidak ditunggui dan jauh dari rumah,pasti kolam Anda akan kosong dalam waktu satu malam saja.Dan contoh lain sebagainya.

Ini terjadi hampir di setiap daerah,silahkan Anda masuk ke portal-portal berita daerah di media online maupun cetak.Pasti berita kriminal akan banyak ditemukan dengan mudah hampir setiap jam ada update-an berita kriminal pencurian dan semacamnya.

Darimanakah maling-maling macam yang sasarannya barang-barang kecil demikian ? Dilihat dari jenis sasaran barang yang dicurinya,tak mungkinlah pencuri ayam atau kambing dan menguras warung "cilok' (kecil) itu adalah bangsat yang ber-mafia,atau bangsat dari luar pulau msialnya.Pasti bangsat-bangsat kukut (piaraan,bangsat dekat,atau masih sekampung,se-desa ,dekat dengan TKP).

Ini pertanda apa ? Anda semua pasti sudah mengerti.Ini semua pertanda tidak ada efek jera dari hukum yang berlaku selama ini.Bahkan ada bangsat yang suka keluar masuk kantor  keamanan setempat bebas saja berkeliaran setelah jika tertangkap dan dilaporkan,malah bisa bebas setelah membayar sejumlah uang tebusan ke ....? (Tak kuasa saya menulisnya).

Penyebab banyak bangsat di negeri dan kampung kita juga adalah terlalu banyak jika ditulis.Banyak penyebab lintas sektoral,misalnya pengangguran,kesejahteraan daerah yang tertinggal,penegakan hukum yang lemah,pendidikan yang rendah,terdesak kebutuhan,kemiskinan,sudah tidak adanya tokoh pemimpin yang jadi panutan,krisis moral,dan sebagainya-dan sebagainya.

Cara efektif dan bisa dilakukan dari hal terkecil dan saat ini,untuk mengurangi kejahatan lokal atau keamanan tingkat kampung adalah,menyiagakan kembali,menggerakkan dan menggalakkan kembali sistem kemanan lingkungan (Siskamling) dengan operasi ronda malam diaktifkan kembali.

Masalahnya zaman sekarang tidak semua warga bisa turun ke medan setiap jadwal ronda malamnya,karena warga zaman ini sudah sangat heterogen sekali.Sudah macam-macam,menjadikannya program ronda malam (siskamling) dengan dilibatkan semua kepala keluarga harus meronda dengan dijadwal,suka terkendala dengan tidak bisa hadirnya semua anggota ronda setiap malam,karena mempunyai jenis kesibukan masing-masing.

Untuk bisa terus eksis ada ronda malam di kampung saat ini,lebih baik merekrut saja aparat Hansip setempat,atau menunjuk beberapa warga yang mau dan berminat khusus untuk bertugas keamanan ronda malam.Dengan digaji oleh hasil iuran keamanan warga sekampung.Disertai pula oleh pengelola yang baik dan jujur,sehingga petugas keamanan tersebut terus bisa eksis karena gajinya lancar dan layak.

Selain digaji dengan rutin dan lancar,lalu hargailah petugas keamanan kampung itu sewaktu-waktu,bisa oleh Anda beri hadiah atau bonus jika kita sedang ada lebih sedikit rejeki misalnya.Untuk menambah semangat mereka menjaga keamanan kampung kita.

Jika dikelola dengan jujur dan baik petugas ronda malam ini,maka kemananan kampung kita akan selalu terjaga.Minimal bisa dikurangi kasus-kasus kejahatan yang dilakukan penjahat di malam hari.

Salam.

0 comments: