Selasa, 26 Maret 2013

Cek Lokasi Rumah Kita,Apakah Bebas Banjir dan Longsor ?

Selain pertimbangan memilih untuk daerah rumah kita bebas banjir juga tidak kalah penting pertimbangkan pula harus bebas dari kemungkinan longsor.

Daerah dengan kontur berbukit-bukit dan memiliki kemiringan lebih dari 30 derajat serta di atas kampung kita ada gunung atau bukit,layak diwaspadai kemungkinan akan terjadinya longsor.

Baru-baru ini terjadi longsor yang memakan korban jiwa di Cililin,Bandung Barat -Jawa Barat.Hingga saat postingan ini dimuat,evakuasi terhadap korban masih sedang dilakukan.Menurut berita dari media massa tanah air,korban ditemukan dalam keadaan kondisi jasadnya yang sudah rusak karena hantaman lumpur dan material longsoran.Inalilahiwainailaihirajiuun.Semoga amal ibadah mereka diterima Allah Swt.Amin.Turut berduka cita bagi keluarga yang ditinggalkan di sana.

***
Bagaimanakah dengan kampung Anda atau kita ? Jika rumah Anda berada di daerah yang kontur tanahnya berbukit-bukit dan terjal,tidak ada salahnya coba koordinasi dengan warga sekampung untuk mengantisipasi dari kemungkinan bahaya longsornya tanah di bagian atas kampung kita.

Misalnya dengan selalu memeriksa rutin saluran air bah atau air hujan di saat musim penghujan.Memelihara habitat dan tanaman yang bisa memperkuat struktur tanah di sekitarnya,serta menggalakan dan melestarikan penghijauan secara kolektif dan bersama-sama dengan warga sekitar.

Jika terlalu bahaya tempat yang Anda sedang ditinggali saat ini,lebih baik pindah kampung saja mencari tempat yang aman bagi keselamatan kita semua.

Salam selamat malam.

0 comments: