Sabtu, 18 Januari 2014

Menata Hidup Lebih Baik,Mulai dari Menjaga Kesehatan Diri

Semua orang mendambakan ketenangan,kebahagiaan,kesuksesan dan berbagai nama dan istilah kebaikan.Sudah sewajarnya jika manusia masih normal akan berkeinginan seperti itu,ingin selalu yang baik-baik dan berusaha menghindari hal-hal terburuk dalam hidupnya.

Dari sekian hal penting agar hidup kita baik-baik saja,atau terus membaik adalah perlunya kesehatan lahir dan bathin diri kita.

Kesehatan adalah hal utama meskipun bukanlah segalanya,kesehatan fisik,jasad,badan atau tubuh dan jiwa kita,bahkan meskipun seandainya Anda penderita (maaf) cacat tubuh atau kurang sempurna anggota badan tetapi jikalau secara umum badan dan jiwa sehat,maka hidup yang bahagia dan bisa berkarya akan terus berjalan,karena tubuh dan jiwa kita sehat.

Sebaliknya,meskipun anggota badan atau tubuh lengkap tetapi jika kondisi badan sakit-sakitan,tentu akan tidak bahagia dalam hidupnya.

Hampir sudah jadi kebiasaan umum,kita akan segera berobat atau memperhatikan kesehatan tubuh jika sudah terasa sakit atau bahkan jika sudah parah.Padahal pepatah bijak berkata," Mencegah itu lebih mudah dan murah daripada mengobati".Artinya jika kita berusaha dan sadar sejak dini akan kesehatan diri,maka hidup selanjutnya akan tidak terlalu direpotkan oleh hidup yang terus berobat dan berobat.

Secara umum pula,menjaga kesehatan tubuh lahir bathin  bisa dimulai dari gaya hidup yang membiasakan standar kesehatan dalam segala hal.Contoh kecil selalu disiplin dengan kebersihan tubuh,makanan,pakaian,lingkungan,rumah,keluarga dan kebersihan hati dan pikiran dari hal-hal yang kotor.

Diteruskan dengan disiplin dalam segala hal dan aktivitas yang selalu mengutamakan pertimbangan kesehatan.

Contoh terdekat misalnya,jika terpaksa kita naik motor dalam bepergian maka memakai jaket dan pakaian yang aman adalah sebagai 'asuransi' bagi kesehatan tubuh.Atau tidak sembarangan makan dan minum ,teliti sebelum mengkonsumsi serta pertimbangkan apakah bermanfaat atau membawa mudarat bagi tubuh.

Gaya hidup sehat adalah hal yang paling mendukung agar hidup kita bahagia dan perjalanan di dunia ini ternikmati.Disamping tentu saja pandai bersyukur kepada Tuhan termasuk juga faktor penting terutama bagi memperoleh kesehatan mental dan ketenangan bathin kita.

Selamat menjaga kesehatan kawan,salam hangat.

2 comments:

Dalam diri yg sehat terdapat jiwa yg sehat

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.