Senin, 16 November 2015

Ilmu dan Amal

Ilmu dan pengetahuan yang tidak diamalkan ibarat pohon yang tidak berbuah.Sebanyak dan setinggi apapun ilmu dan pengetahuan yang didapat dan diraih melalui pendidikan formal maupun informal akan mubadzir jika tidak disertai dengan mengamalkan ilmu itu.

Baik dalam keseharian sikap dan tingkah laku atau sebagai keseharian jalan mencari nafkah dan menjemput rezeki.Untuk berakhlakul kharimah atau berakhlak mulia diperlukan ilmu tentang hidup,tentang agama dan pengetahuan umum lalu diamalkan dalam kata,sikap dan tingkah laku sehari-hari,baru ilmu kita dikatakan bermanfaat.

Lebih jauh,mengamalkan ilmu akan bermanfaat bagi diri sendiri,keluarga dan untuk semua makhluk Tuhan.Bermanfaat bagi seluruh alam,bagi alam semesta.Ilmu yang diamalkan akan terus berkah dan merekah kebermanfaatan dan keberkahannya seperti efek domino sambung menyambung.

Ilmu yang baik akan terus tumbuh kebaikan-kebaikan baru jika diamalkan,dan keberkahan serta pahala akan terus mengalir kepada si pengamal ilmu kebaikan itu.

Mencari dan menimba ilmu sebanyak-banyak dan setinggi-tingginya adalah sebuah kebaikan,namun akan lebih baik dan akan sempurna jika disertai dengan mengamalkan ilmu yang sudah kita peroleh itu.Sehingga ilmu yang kita punya menjadi berbuah kebaikan demi kebaikan untuk keberkahan dan kemaslahatan alam semesta,yang tentunya pahala akan kita dapatkan seperti halnya royalty yang terus menerus mengalir pahala kepada sang pengamal ilmu terus berkembang,bertambah dan mengalir keberkahan.

Sebaliknya,jika ilmu yang sudah kita miliki tidak kita amalkan,menurut kepercayaan kami,nanti di hari pembalasan ilmu yang tidak kita amalkan malahan akan menuntut dan mendakwa kita yang rakus ilmu pengetahuan tetapi miskin mengamalkan.Akhirnya akan jadi bumerang seperti memiliki Kalajengking yang akan mengigit sang Tuannya sendiri,karena selama di dunia ilmu yang banyak dimiliki namun pelit dan enol besar dalam mengamalkan.

Selamat mengamalkan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki,agar bisa menyelamatkan dan membahagiakan kita,keluarga dan alam semesta.

Barang siapa menaman kebaikan,maka akan menuai kebaikan-kebaikan yang lebih banyak,lebih besar dan lebih berkah.Wallahualam.

2 comments:

Salam ta'lim
Makasih kunjungannya, ga nyangka masih bisa saling sapa di dumay

Sist Icha Diyah@,..terima kasih kunjungannya,salam ta'lim juga.Silaturahmi akan tetap terbina,karena banyak keberkahan di dalamnya sis.Apa kabar keluarga semua di Jepara?

Semoga kabar baik..sekali lagi trims udah berkunjung