Selasa, 14 Maret 2023

Ketika Proses Usaha Kecil Belum Tepat Sasaran

Dalam teori pencapaian tujuan ada sesuatu  yang dituju dan dijadikan ukuran suka disebut target.Sasaran yang harus dicapai biasanya ditentukan dalam kurun waktu atau periode tertentu.Dan target secara spesifik suka disebutkan pada tahap perencanaan.

Dalam prosesnya bisa saja di tengah jalan ada banyak perubahan kondisional atau ada faktor tertentu yang membelokan arah tujuan semula.

Suka ada Tantangan,Hambatan,Ancaman dan Gangguan dalam perjuangan dan pergerakan pencapaian tujuan itu.

Tak usah panik,jika sudah terjadi kondisi meleset atau melenceng dari rel perencanaan semula,usaha kita harus tetap jalan,lalu kita perbaiki lagi dan bikin lagi perencanaan yang disesuaikan atau penyempurnaan programnya.

Tak perlu juga putus asa,jika pencapaian target terdekat melleset dari apa yang sudah dijadwalkan atau didesain sejak awal.

Karena kehidupan memang begitulah,tidak akan ada suatu perjuangan atau perjalanan yang seratus persen sempurna.

Keluar rel jalur tujuan,ada kesalahan,ada kekurangan setelah starter bergerak,itu sangat normal terjadi dalam kehidupan.

Dan perbaiki lagi saja,luruskan kembali saja,evaluasi lagi,bergerak lagi,jangan sampai berhenti karena hadirnya berbagai halang rintang yang sejatinya itu semua adalah sebuah tantangan.

Bahkan segala halang rintangan tersebut bisa membuat langkah selanjutnya jadi mendekati sempurna.

Niatkan lagi yang baik,rencanakan lagi yang bagus,bergerak lagi dengan lebih mantap bersama perbaikan yang terus menerus kita lakukan.

Secara umum begitulah,bagaimanapun kondisi kita saat ini.Baik sedang kondisi bagus atau bahkan sedang tidak bagus,sedang tidak baik,tak usah khawatir,lanjut saja perjuangan dengan memperbaiki apa yang dimaksud di atas tadi.

Secara mikro,misalnya setelah buka usaha kecil kita bergerak,tentu perjalanan dan perkembangan usaha kita tidak akan selalu berjalan lancar jaya,pasti sewaktu-waktu akan timbul kendala dan masalah.

Itu semua hadapi dengan melakukan pergerakan dan menata ulang lebih baik lagi,yang buruk perbaiki lagi,gagal ya bangkit lagi,salah,ya benerin,kurang ya kita perbaiki,perbaikan yang terus menerus.

Perbaiki,evaluasi,perbaiki lagi,terus buruk perbaiki lagi,salah ya betulin lagi,terus lakukan pergerakan menuju lebih baik,jangan bosan.

Itulah sejatinya kehidupan,belajar dan melakukan pembelajaran kehidupan terus menerus,perbaikan terus menerus sampai mati 

Oke,selamat berjuang teman semua 

0 comments: