Kamis, 23 Maret 2023

Puasa Melatih Mengendalikan Nafsu

Nafsu atau bahasa sederhananya adalah keinginan atau hasrat yang timbul dalam setiap perasaan manusia.

Definisi lebih komplit banyak sumber bisa dicari di sumber lain.

Pada tulisan ini kita sederhanakan nafsu sebagai keinginanan atau hasrat yang kuat yang dimiliki oleh setiap orang.

Ada nafsu yang jahat ada pulsa nafsu yang baik,nafsu buruk inilah yang harus kita kendalikan 

Kita persempit nafsu selanjutnya bermakna keinginan atau hasrat.

Nafsu makan dan minum tentu adalah wajar dan baik,tetapi jika tidak dikendalikan hasilnya nafsu makan dan minum kita tidak terkendali,makan dan minum tidak lagi sebagai hal yang dibutuhkan tetapi cenderung menuruti keinginan yang menggebu,maka makan dan minum yang berlebih akan berakibat buruk kepada fisik dan jiwa kita.

Kelebihan berat badan,kelebihan kadar gula darah,kolesterol,kelebihan lemak,kelebihan zat yang lainnya yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh secukupnya,tetapi karena nafsu tidak terkendali makan minum berlebihan dan akibatnya jadi banyak hal di atas berlebihan pula.

Tentu jadi tidak baik bagi kesehatan,penampilan,tidak baik untuk pikiran dan seluruh sistem kehidupan jadi terganggu dengan hal yang berlebihan tadi.

Itu salah satu contoh berlebihan karena nafsu makan dan minum tidak terkendali.

Dengan ibadah Shaum atau puasa Ramadhan,nafsu untuk memuaskan lapar dan dahaga jadi dikendalikan oleh kita.

Tidak makan dan tidak minum sejak terbit Pajar pagi hari,hingga Matahari terbenam sore hari.

Setidaknya kurang lebih 12 jam,hampir semua organ pencernaan menjadi ringan pekerjaannya.

Bukankah itu menyehatkan dan nambah umur mereka....organ di sistem pencernaan khususnya...?

Itu secara fisik lahiriah,puasa memang menyehatkan.

Contoh nafsu secara mental,nafsu marah,nafsu seks,nafsu buruk lainnya,dengan berpuasa juga berkurang dan bisa terkendali.

Contoh nafsu seks,pada saat tubuh kelebihan energi yang dihasilkan dari makanan dan minuman bergizi dan kurang penyalurannya,maka pikiran dan stamina tubuh mendorong hasrat seks jadi tinggi.

Jika tidak disalurkan dengan benar,suami istri sah bisa berhubungan badan dengan pasangan sahnya,tetapi yang belum menikah,hasrat yang satu ini bisa berbahaya.

Hasrat seks yang tidak terkendali akan membuat hidup seperti khewan,hina,dan tidak beradab,berpotensi juga hilang akal sehat.

Zina sangat dekat dan bisa terjadi jika hasrat seks tidak bisa dikendalikan.

Nafsu ini berawal dari stamina yang sehat,tubuh yang masih kuat dan energi berlebih sehingga nafsu buruk menutup akal sehat dan nafsu tidak terkendali.

Dengan tidak makan dan minum sejak matahari terbit,sampai matahari terbenam maka tubuh pun perlahan menjadi seimbang,atau menuju kesetimbangan dari yang asalnya banyak energi berlebih jadi kembali ke titik normal.

Secara fisik organ tubuh ada jeda untuk mengistirahatkan fungsi mereka sejenak,dan itu membuat mereka jadi lebih sehat dan berfungsi kembali lebih baik.

Secara emosi,kejiwaan,pikiran,dan nafsu jafi terkendali juga,seiring perbaikan sistem pencernaan dan penyesuaian tubuh menuju keseimbangan lagi,secara spiritual pun hati dan perasaan kita menjadi kembali peka dan pada tingkat tertentu menjadi suci.

Jika hati sudah tenang,organ tubuh normal sehat,maka pikiran,tubuh dan perasaan pun akan ikut normal,lahir dan batin akan menemui keselarasan kembali,dan hidup bisa mengendalikan nafsu-nafsu tadi.

Jika nafsu sudah bisa diatur dan dikendalikan diri,maka hidup pun akan selamat.

.....selamat berpuasa hari pertama rekan moslem semua ..

Terima kasih sudah membaca rekan pengunjung blog ini....

Salam hangat 




0 comments: