Selasa, 23 Mei 2023

Usaha Isi Ulang Galon Air Minum

Di satu sisi memang ironis sekali di tanah air subur Indonesia,untuk kebutuhan air minum yang bisa dibilang terjamin kesehatannya lumayan cukup mahal dibanding rata-rata penghasilan penduduk Indonesia.Dan padahal air bersih di pegunungan dan tanah melimpah kecuali di daerah industri atau tempat tertentu air tanah sudah tercemar,tetapi pada umumnya air bersih di kita sangat melimpah....air terjun,sungai,sawah airnya masih banyak yang bersih😅...bukan...?

Untuk harga air 19 liter air mineral siap minum yang bermerk dan terjamin kesehatannya rata-rata berharga antara tujuh ratus rupiah sampai dengan seribu rupiah per liter,padahal air bersih di tanah air kita melimpah.

Seharusnya,atau sebaiknya pemerintah lebih peduli mengatur harga eceran air minum bermerk tidak sampai semahal itu.

Bagi kaum menengah ke atas uang dua puluh ribu satu galon tidak ada artinya,mungkin.Tetapi.bagi masyarakat umumnya harga eceran galon bermerk dan terjamin kesehatannya terasa masih kemahalan.

Kenyataannya,masyarakat beralih ramai ke mengonsumsi atau lebih banyak membeli air galon isi ulang tanpa merk,yang harganya jauh lebih murah hampir satu berbanding tiga galon jika dibelikan dengan air galon bermerk.

Karena permintaan banyak untuk jenis air minum isi ulang,yang lebih murah,maka munculah usaha isi ulang air minum ukuran galon menjamur di setiap sudut kota bahkan kampung.

Yang di kampung dan di gunung,mungkin melihat kepraktisannya air kemasan mereka ikutan juga konsumsi minum sehari-harinya tidak lagi memasak dari sumber air gunung di kampungnya,tetapi malahan membeli air galon isi ulang.....yah ..heran juga kita..!

Tidak ada yang salah dengan usaha isi ulang air minum,termasuk ikut membuka peluang usaha dan membuka lapangan kerja juga sih.

Usaha air minum isi ulang pada umumnya bermodal Tangki Air penampungan,mesin seterilisasi air,saringan air,sikat penggosok galon kosong,kemasan tutup galon,dan lokasi,ditambah satu atau dua orang pekerja sudah bisa menjalankan usaha jual air minum isi ulang,dan......pasti laku...setiap orang pasti butuh air minum.

Mungkin diharapakan atau ijinkan penulis bersaran kepada pelaku usaha galon isi ulang,agar amanah.

Amanah dalam arti,Anda berjualan barang yang termasuk kebutuhan pokok bagi manusia dan bersentuhan langsung dengan resiko sehat atau tidaknya seseorang yang mengonsumsi produk Anda.

Sangat dholim jika pengusaha air isi ulang demi meraih untung besar dengan cara curang seperti stok air disimpan di tangki penampungan yang sudah kotor dan mungkin mengandung zat berbahaya atau kuman dan sumber penyakit bagi konsumen.

Terus,pernah saya saksikan sendiri,ada oknum depot yang cara kerjanya sangat tidak higienis,kurang bersih,galon baru tidak ada proses disikat dulu tapi langsung diisi dari kerannya.

Atau ada juga yang nakal,air yang dijual tidak disterilkan di mesin penjual karena untuk menghemat listrik atau biaya produksi,..sangat dholim demikian.

Aur dari penyuplai yang kebanyakan dikirim dari mobil tangki banyak yang langsung mengambil dari sumber air alam,belum diproses seterilisasi,langsung ditumpahkan ke tangki penampungan depot isi ulang dan.,.banyak yang langsung dijual,tanpa ada proses sterilisasi di depot...waduh .!

Hal in sangat berbahaya walaupun secara fisik kelihatan jernih,tetapi bisa saja air dari penyuplai masih belum sehat dan belum bersih.

Mohon maaf,penulis tidak menuding semua pengusaha demikian,namun saling mengingatkan usaha agar ada nilai ibadahnya,bisnis disertai tanggungjawab moral dan jangan lupa aktivitas kita disaksikan Tuhan.

Usaha isi ulang galon air minum,jika dilakukan dengan baik,sesuai syarat dan ketentuan tentang kebersihan dan faktor kesehatan air yang kita jual,insya Alloh usaha kita akan sampai kepada bernilai ibadah juga,menurut pandangan saya pribadi ya...karena usaha Anda itu menebar manfaat,

Beribu bahkan berjuta orang memenuhi kebutuhan masak dan minum sehari-hari didapat dari usaha isi ulang atau depot air minum Anda,dengan tempat yang dekat serta harganya relatif murah.

Manfaat yang Depot anda miliki sungguh menebar dan menyebar,menghidupi jasad manusia dan keluarga yang mengonsumsi produk depot Anda.

Bukankah itu suatu manfaat bagi orang lain?

Menyediakan air minum sehat,bersih,dekat dan murah menurut ukuran konsumen Anda.

Semoga Depot Isi Ulang yang Anda jalankan amanah,selain bertujuan bisnis atau dagang juga memberi manfaat sedikit membantu meringankan warga atau konsumen Anda dalam hal memenuhi kebutuhan minumnya sehari-hari.

Di lokasi dan bidang usaha apapun terbuka kesempatan untuk curang.Secara dagang atau bisnis mungkin anda untung sesaat,tetapi jika ada unsur dholim di dalamnya maka tetap saja usaha yang baik itu akan ada perhitungan karmanya,atau berdosa jika dagangnya menipu dan mencurangi konsumennya.

Semoga kita semua selalu dalam kebaikan,apapun usaha atau pekerjaan kita saat ini,agar hasilnya baik mari bekerja atau berusaha dengan baik-pula.

Apa yang akan kita panen,itulah yang kita tanam.

Kita tanam kebaikan pasti akan menuai yang baik-baik,pun sebaliknya jika kita berbuat jahat atau buruk maka pasti hal yang buruk yang akan kita dapatkan.

Semoga kita semua baik-baik saja..Amiin.

Wallahu alam 

0 comments: